Pos Kamling Kembali Diaktifkan Guna Cegah Kejahatan

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 28 November 2022
0 dilihat
Pos Kamling Kembali Diaktifkan Guna Cegah Kejahatan
Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh. Eka Fathurrahman saat mengajak masyarakat untuk mengaktifkan kembali pos kamling melalui rakor Forkopimda Kota Kendari. Foto: Ist.

" Guna menciptakan kenyamanan, keamanan dan ketertiban masyarakat, pos kamling akan kembali diaktifkan di wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna menciptakan kenyamanan, keamanan dan ketertiban masyarakat, pos kamling akan kembali diaktifkan di wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pasalnya, maraknya kejahatan yang terjadi di jalanan sudah sangat meresahkan masyarakat dan jajaran Pemerintah Kota Kendari.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendar, Asmawa Tosepu mengatakan, untuk menciptakan keamanan dan ketertiban, pemerintah segera mengaktifkan kembali pos kamling dengan meningkatkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Baca Juga: Kontainer Lawan Arah Sebabkan Macet Total Hingga Nyaris Bentrok

"Saya kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing," ujar Asmawa, Senin (28/11/2022).

Seluruh masyarakat harus tahu, kejahatan bukan tanggung jawab mutlak kepolisian atau pihak keamanan, tetapi seluruh masyarakat harus turut andil untuk mengamankan diri dan lingkungan masing-masing.

Kapolres Kendari, Kombes Pol Muh. Eka Fathurrahman mengatakan, di Kota Kendari masih banyak terjadi kejahatan jalanan seperti miras, pengeroyokan juga narkoba, oleh karena itu pihaknya mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga keamanan lingkungannya.

"Untuk seluruh masyarakat jangan sampai jadi korban, apa lagi jadi pelaku kejahatan, mari tingkatkan kembali keamanan dengan mengaktifkan pos kamling di lingkungan masing-masing," ujar Eka.

Baca Juga: Ribuan Perkara Perceraian Masuk di Pengadilan Agama Kendari

Salah satu masyarakat Kota Kendari, Veni mengatakan, banyaknya kejahaatan di jalanan seperti pembusuran membuat masyarakat takut untuk keluar beraktivitas di malam hari.

"Sekarang kami mengurangi untuk keluar di malam hari karena banyaknya kasus pembusuran yang terjadi," ujar Veni.

Veni menambahkan, adanya pos kamling dan aktifnya siskamling dapat meminimalisir kejahatan yang terjadi di jalanan. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga