Lomba Hafal Quran Hingga Live Musik Temani Buka Puasa di Festival Ramadan Kendari

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Sabtu, 15 April 2023
0 dilihat
Lomba Hafal Quran Hingga Live Musik Temani Buka Puasa di Festival Ramadan Kendari
Lomba hafalan quran anak-anak yang diselenggarakan di festival ramadan Kendari menemani pengunjung sembari menantikan waktu berbuka puasa. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Setiap tahunnya ada berbagai tempat yang menyediakan buka bersama dan berburu takjil di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Tempat-tempat tersebut seperti bakul ramadan, teras ramadan, kampung kuliner ramadan, dan festival ramadan Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap tahunnya ada berbagai tempat yang menyediakan buka bersama dan berburu takjil di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Tempat-tempat tersebut seperti bakul ramadan, teras ramadan, kampung kuliner ramadan, dan festival ramadan Kendari.

Namun, ada yang berbeda dengan tempat berburu takjil yang satu ini, karena selain menghadirkan berbagai menu makanan dan minuman, tempat ini juga mengadakan berbagai lomba seperti hafalan quran untuk anak-anak hingga live musik yang menghibur pengunjungnya.

Festival ramadan Kendari merupakan tempat wisata kuliner selama bulan ramadan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara dan Komunitas Kuliner Kendari (Tripleka) sejak tahun 2022 lalu.

Baca Juga: Umat Muslim di Negara Ini Anggap Salat dan Puasa Ramadan Tidak Wajib

Bertempat di pelatan Eks MTQ Kendari yang berada di depan Kantor Wali Kota Kendari, festival ramadan ini menghadirkan 46 tenant dengan 400 menu makanan dan 100 menu minuman yang tersedia.

Ketika masuk, pengunjung akan disajikan tempat yang luas dan nyaman dengan berbagai bau makanan yang menggugah selera. Selain itu, setelah melewati pintu gerbang pengunjung akan disambut dengan spot photobooth yang kece dan instagramable.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika menantikan berbuka puasa pengunjung akan ditemani dengan lantunan ayat suci Al-quran yang dibawakan oleh anak-anak dalam lomba hafalan quran. Peserta dari lomba itu bukan hanya dari Kota Kendari, namun juga dari luar kota seperti Wa Ode Medina yang berasal dari Kabupaten Muna.

"Saya berasal dari Raha, berangkat ke Kendari tadi malam," tuturnya, Sabtu (15/4/2023).

Selain berbagai menu makanan dan minuman serta lantunan ayat suci quran, bagi para pelaku usaha di Kendari tempat itu menyediakan fasilitas pembuatan perseroan terbatas (PT) dari Kemenkumham dan sertifikasi halal. Sebagaimana yang disampaikan oleh Icung selaku Ketua Komunitas Kuliner Kendari.

"Kami menyediakan berbagai fasiltas seperti dari Kemenkumham ada fasilitas pembuatan PT Perseorangan dan sertifikasi halal dari BPJPH," tuturnya.

Baca Juga: Rusia dan Ukraina Tak Lagi Saling Tukar Tentara Muslim Ramadan Tahun ini

Karena berbagai fasilitas tersebut banyak warga Kendari yang melakukan kegiatan buka bersama di tempat itu. Seperti yang dilakukan oleh Ibnu dan teman-temannya yang merupakan mahasiswa asal Kendari yang berkuliah di Pulau Jawa dan sedang pulang kampung.

"Kebetulan baru pulang kampung dari kuliah di luar, diajak teman bukber di sini," beber Ibnu.

Festival ramadan Kendari sendiri berlangsung mulai dari awal ramadan sampai 21 April 2023 nanti. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga