Menteri Tenaga Kerja RI Kunjungi Kawasan Industri Morosi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 16 Februari 2023
0 dilihat
Menteri Tenaga Kerja RI Kunjungi Kawasan Industri Morosi
Mentri Tenaga Kerja RI, melakukan kunjungan kerja di kawasan industri Morosi untuk menerima bantuan alat berat dari PT. VDNI dan PT. OSS Foto: Ist.

" Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Ida Fauziyah, berkunjung di Kawasan Industri Morosi, dalam rangka menerima alat berat bantuan dari PT VDNI dan PT OSS "

KONAWE, TELISIK.ID – Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Ida Fauziyah, berkunjung di Kawasan Industri Morosi, dalam rangka menerima alat berat bantuan dari PT VDNI dan PT OSS untuk Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sulawesi Tenggara, Rabu (15/2/2023) sore.

“Tadi disaksikan oleh saya dan Pak Gubernur, PT VDNI dan OSS menyerahkan alat-alat berat kepada Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kendari,” ujarnya.

Menurut Ida, hal ini sebenarnya disampaikan oleh VDNI sudah setahun lalu tetapi Kemenaker RI menunggu kesiapan lahannya.

"Pak Gubernur yang menyiapkan lahannya persis di samping BPVP Kendari. Setelah semua tanahnya siap, peralatan ini semua akan dibawa ke BPVP Sulawesi Tenggara,” imbuhnya.

Menurut Ida, kompetensi penggunaan alat-alat berat ini sangat dibutuhkan karena di Sulawesi Tenggara banyak sekali perusahaan pertambangan yang membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi meng-handle alat berat ini.

Baca Juga: Mediasi Tuntutan Aliansi Serikat Buruh di PT OSS dan VDNI Berjalan Damai

Head of Human Resources Kantor Pusat PT VDNIP, Arys Nirwana mengatakan, alat berat yang diserahkan pihaknya hari ini berjumlah tujuh unit.

“Alhamdulillah hari ini kami telah selesai memberikan bantuan kepada BPVP Sulawesi Tenggara yaitu berupa tujuh unit alat berat. Troller crane, excavator, mobile crane, dump truck, loader, forklift, dan satu unit mesin dump truck yang akan digunakan sebagai pelatihan mekanik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, hal ini sebagai wujud komitmen tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat agar BPVP Sulawesi Tenggara lebih banyak memberikan pelatihan kepada masyarakat.

Ia juga berharap sinergi dengan BPVP ini memberikan dampak luas kepada masyarakat Sulawesi Tenggara.

"Kami hadir sebagai bagian dari masyarakat Sulawesi Tenggara dan berharap kehadiran kami dapat didukung dan diterima oleh masyarakat,” timpalnya.

Baca Juga: Karyawan PT OSS Tewas Terlindas Loader, Ini Sebabnya

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, memuji langkah VDNI dan OSS yang memberikan bantuan alat berat kepada BPVP Sulawesi Tenggara.

Menurutnya, VDNI dan OSS telah menciptakan lapangan kerja dimana saat ini telah mempekerjakan tenaga kerja lokal 24.544 orang dan hal ini sangatlah luar biasa.

“Dengan kehadiran dua perusahaan besar ini di Sulawesi Tenggara, setidak-tidaknya telah menekan angka pengangguran bahkan kemiskinan. Tentu kami selalu berharap VDNI dan OSS selalu maju berjaya sehingga tenaga kerja kita dapat terampil dan bekerja lebih baik sesuai porsinya masing-masing,” ucap Ali Mazi. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga