Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 09 Juni 2023
0 dilihat
Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas
Tidak semua makanan juga bisa atau boleh disimpan di kulkas. Ada beberapa makanan yang sebaiknya justru tidak disimpan di kulkas. Foto: Kompas.com

" Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas dipercaya dapat membantu mengawetkan makanan. Namun ternyata, tidak semua makanan juga bisa atau boleh disimpan di kulkas "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas dipercaya dapat membantu mengawetkan makanan. Namun ternyata, tidak semua makanan juga bisa atau boleh disimpan di kulkas.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya justru tidak disimpan di kulkas. Selain karena bisa mengurangi nutrisi dalam makanan tersebut, ini juga rentan menyebabkan makanan menjadi rusak saat disimpan di kulkas. 

Waktu penyimpanan makanan beku bervariasi, tergantung pada jenis makanan dan jenis lemari es. Memeriksa kualitas lemari es serta petunjuk pada kemasan makanan merupakan titik awal yang baik untuk menentukan berapa lama makanan dapat disimpan dengan aman.

Berikut adalah makanan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas seperti dilansir dari Fimela.com dan Tempo.com:

Baca Juga: 8 Sayuran Ini Lebih Sehat Dikonsumsi Mentah

1. Roti

Menyimpan roti di dalam lemari es dapat menyebabkan roti menjadi lebih cepat kering. Alih-alih simpan roti di lemari es, sebaiknya roti disimpan di suhu ruang.

2. Rempah dapur 

Memasukkan rempah dapur segar ke dalam lemari es dapat membuat bumbu menjadi lay. Memasukkan rempah dapur ke dalam toples kaca berisi air agar tetap segar.

3. Kentang

Sebaiknya kentang juga tidak disimpan di kulkas. Kentang rentan bertunas saat terkena suhu rendah. Kentang yang bertunas tidak baik untuk kesehatan, bahkan bisa menyebabkan keracunan. 

4. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, pir, anggur, jeruk,

pepaya dan sejenisnya sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Meski buah ini bisa tahan lama saat disimpan di kulkas, ini justru akan membuat kualitasnya memburuk. Ini juga akan membuat nutrisinya berkurang banyak.

5. Tomat

Tomat akan kehilangan rasa dan mulai menjadi lembek saat disimpan di dalam lemari es. Namun, untuk mematangkan tomat lebih cepat, simpan tomat dari lemari es di dalam kantong kertas. Setelah matang, mereka akan bertahan selama sekitar tiga hari.

Baca Juga: Sayuran Terbaik untuk Atasi Sembelit

6. Melon

Melon sebaiknya disimpan di luar lemari es. Hal ini karena melon cenderung rusak dan teksturnya menjadi bubuk dan berbutir saat didinginkan di lemari es. Untuk menjaga rasa tetap utuh, melon perlu disimpan di suhu ruangan. Namun, setelah dipotong, melon dapat disimpan di lemari es selama tiga hingga empat hari.

8. Madu

Pendingin akan menyebabkan madu cepat mengeras. Karena itu, madu sebaiknya disimpan pada suhu kamar dan jauh dari sinar matahari langsung. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga