Mendagri dan Gubernur NTT Bahas Realisasi APBD, Pemda Manggarai Dapat Apresiasi Khusus

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 03 Juni 2021
0 dilihat
Mendagri dan Gubernur NTT Bahas Realisasi APBD, Pemda Manggarai Dapat Apresiasi Khusus
Mendagri dan Gubernur NTT beserta Wakil Gubernur melakukan pertemuan bahas realisasi APBD. Foto: Ist.

" Kita harus bekerja dengan inovasi, konsisten. Tetap kompak sebagai penyelenggara negara bersama TNI dan Polri, serta semua komponen masyarakat agar semua harapan untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. "

KUPANG, TELISIK.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian menggelar pertemuan dengan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat di Aula Utama Eltari Kupang, Kamis (3/6/2021).

Pertemuan itu juga dihadiri oleh Wakil Gubernur, Yoseph Nae Soi bersama bupati dan wali kota se-NTT.

Pertemuan tersebut membahas tentang realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian mengingatkan jajaran pemerintah daerah di NTT bahwa menjelang akhir Triwun II Tahun 2021, komitmen untuk tetap bekerja keras dan bersinergi dengan pemerintah pusat sangatlah dibutuhkan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi nasional sampai 7 persen di akhir 2021.

Ia juga memberi dukungan penuh kepada Pemerintah Provinsi NTT yang telah menjadikan pariwisata sebagai primadona, dan berharap agar tetap ditata dan dikelola dengan baik.

“Kita harus bekerja dengan inovasi, konsisten. Tetap kompak sebagai penyelenggara negara bersama TNI dan Polri, serta semua komponen masyarakat agar semua harapan untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud," tuturnya.

Baca juga: Kolaka Utara Jadikan Komoditi Olahan Kakao Sebagai Ikon Wisata Tematik

Ia meminta belanja pemerintah harus bisa digenjot di atas 30 persen sampai akhir Juni 2021 nanti.

Dalam krisis pandemi seperti ini, kata dia, target pendapatan dan belanja APBD per tiga bulan 40 persen, pada triwulan III sudah mencapai kisaran 60-70 persen. Sehingga di akhir 2021 telah mencapai 90 sampai dengan 100 persen," tegas Mantan Kapolri itu.

Ia pun mengharapkan dukungan dan kerja keras Pemda di NTT agar penyerapan anggaran dapat benar-benar maksimal untuk bisa mendukung pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 7 persen di akhir 2021.

Mendagri juga memberi apresiasi khusus kepada Pemda Manggarai yang telah melakukan realisasi belanja APBD sampai menjelang akhir Triwulan II 2021 sebesar 27, 62 persen.

"Apresiasi khusus buat Manggarai yang mampu menyerap anggaran dengan baik. Hal ini dapat menjadi contoh dan acuan bagi kabupaten lain," katanya yang juga Mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Sementara itu, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sekapur sirihnya menyampaikan selamat datang kepada Mendagri Tito Karnavian beserta Ibu Try Tito Karnavian dan rombongan atas kunjungannya di tanah Flomaborata tercinta.

Baca juga: Kenang KRI Nanggala 402, TNI AL Bangun Monumen Kapal Selam di Surabaya

"NTT yang dulu diplesetkan dengan nasib tidak tentu, nanti Tuhan tolong kini telah berubah menjadi nikmat tiada tara karena NTT telah menjadi New Tourism Territory di Indonesia," ungkap Gubernur terpilih di Pilgub 2019 itu.

Ia mengaku. sejak dirinya jadi Gubernur NTT, prime mover ekonominya adalah sektor pariwisata dan cara menata pariwisata tentu perlu melatih staf dan para bupati.

Menurutnya, pariwisata bila dikerjakan dengan baik maka akan mempunyai lompatan-lompatan ekonomi yang eksperensial berkali-kali ganda, sehingga bisa membangun NTT dan bisa meraih kejayaan pariwisata.

Lebih lanjut, Gubernur Laiskodat mengatakan, di NTT terjadi defisit karena NTT adalah daerah yang infrasturkurnya sangat terbatas, apalagi kalau musim hujan, maka daerah-daerah tertentu sangat teriosolir bagaikan dalam penjara.

"Oleh sebab, kitu perlu percepatan dan langkah-langkah inovasi dalam membangun NTT," lanjutnya.

Ia juga meminta para bupati dan wali kota agar bekerja keras membangun pertumbuhan ekonomi dengan menyerap APBD dengan sebaik-baiknya, seperti yang disampaikan Mendagri. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga