Mengintip Upacara Perayaan Asyura Umat Syiah hingga Melukai Diri Sendiri

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Jumat, 20 Agustus 2021
0 dilihat
Mengintip Upacara Perayaan Asyura Umat Syiah hingga Melukai Diri Sendiri
Umat Syiah di Kota Basrah Selatan Irak, memperingati hari Imam Hussein mati syahid dalam perang karbala. Foto: Repro Vice.com/AFP

" Akibat acara peringatan tersebut pada Desember tahun 2019 lalu, setidaknya 31 orang terinjak kerumunan massa di Kota Karbala, Irak "

IRAK, TELISIK.ID - Setiap 10 Muharram, jutaan pemeluk mazhab Syiah di seluruh dunia menggelar perayaan hari Asyura di Kota Karbala dan Najaf Irak.

Hal tersebut mereka lakukan untuk memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, Hussein bin Ali bin Abi Thalib, dalam pertempuran Karbala serta berziara pada makamnya tersebut.

Pada upacara peringatan itu, ada yang namanya tradisi melukai diri yang dikenal dengan sebutan “Tathbir”. 

Konon, para laki-laki akan memukul dada mereka selama upacara berkabung. Peziarah pun mencambuk diri pakai rantai dan pisau hingga tubuhnya bersimbah darah.

Mengutip Vive.com, Jum'at (20/8/2021), para ulama Syiah telah berulang kali meminta peziarah menghentikan Tathbir karena dapat mencoreng reputasi umat Syiah. Namun, tradisi itu tetap bertahan.

Peringatan Asyura kembali digelar meski masih sangat dibatasi. Melalui sumber yang sama, Jumlahnya saat ini telah dibatasi 70.000 orang saja. Hari Asyura juga dirayakan di Iran, Pakistan, dan banyak negara mayoritas Muslim lainnya.

Baca Juga: Mengapa Taliban Ingin Kuasai Afganistan dan Siapa Mereka? Ini Sejarahnya

Baca Juga: Begini Suasana Ibu Kota Afghanistan Setelah Berhasil Dikuasi Kelompok Taliban

Melansir BBC.com, akibat acara peringatan tersebut pada Desember tahun 2019 lalu, setidaknya 31 orang terinjak kerumunan massa di Kota Karbala, Irak.

Irak juga dikunjungi lebih dari 20 juta peziarah pada perayaan hari Asyura tahun itu.

Tak hanya itu, pada 2004 lalu, lebih dari 140 orang tewas dalam serangkaian pengeboman di Karbala dan Baghdad.

Tahun berikutnya, sedikitnya 965 peziarah tewas di sebuah jembatan yang melintasi Sungai Tigris di ibu kota Irak, Baghdad.

Hal ini terjadi karena para peziarah dilanda kepanikan setelah ada rumor mengenai keberadaan pengebom bunuh diri kala itu. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga