Menilik Pernikahan Anak-Anak Presiden dari SBY hingga Jokowi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 12 Desember 2022
0 dilihat
Menilik Pernikahan Anak-Anak Presiden dari SBY hingga Jokowi
Terbaru, pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang berlangsung di Hotel Royal Ambarrukmo. Foto: Repro Kompas.com

" Pernikahan anak presiden selalu menjadi perhatian. Segala bentuk ornamen, budaya, bahkan hal-hal terkecil pun menjadi perhatian masyarakat Indonesia "

KENDARI, TELISIK. ID - Menikah dengan menyandang status sebagai anak presiden memiliki kenangan tersendiri. Pernikahan anak presiden tentu akan menjadi sorotan di seluruh negeri. Segala bentuk ornamen, budaya, bahkan hal-hal terkecil pun menjadi perhatian.

Berikut ini euforia pernikahan anak presiden dari SBY hingga Jokowi, dilansir dari berbagai sumber.

1. Agus Harimurti Yudhoyono

Mengutip Suara.com jaringan Telisik.id, putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mempersunting Annisa Pohan pada 8 Juli 2005 di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam sejarah Indonesia, hanya dirinya lah, anak presiden RI yang melangsungkan pernikahan di lokasi tersebut. 

Istana Bogor memiliki luas lebih dari 28 hektar yang berada di ketinggian 290 meter di atas permukaan laut, membuat suasana di Istana Bogor menjadi sangat sejuk. Pada zaman kolonial, Istana Bogor menjadi salah satu tempat favorit Gubernur Jenderal Hindia Belanda untuk beristirahat dari penat dan panasnya Kota Jakarta saat itu.

2. Edhie Baskoro Yudhoyono

Dilansir dari Voi.id, Edhie Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa Ibas juga mendapatkan jodoh anak pejabat. Siti Ruby Aliya Rajasa adalah putri sulung Hatta Rajasa yang ketika itu menjabat Menko Perekonomian. Ibas menikah pada usia 31 tahun, terpaut enam tahun lebih tua dari Aliya.

Baca Juga: Ini Profil Erina Gudono Calon Menantu Presiden Jokowi

Sebagai anak presiden, Ibas juga mendapat keistimewaan dengan melangsungkan akad nikah di Istana Cipanas pada 24 November 2011. Ibas memberikan mas kawin berupa koin emas seberat 100 gram.

3. Gibran Rakabuming Raka

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menikahi Selvi Ananda pada usia 28 tahun, terpaut 2 tahun lebih tua dari sang istri yang merupakan Putri Solo tahun 2009. Pernikahan mereka digelar di Graha Saba Buana Solo pada 11 Juni 2015.

Mengutip Wolipop.detik.com, gedung Graha Saba Buana disebut mampu menampung lebih dari dua ribu tamu. Di Kota Solo, gedung serba guna tersebut banyak digunakan untuk menyelenggarakan acara indoor, luasnya sekitar 2.500 meter persegi.

4. Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu memilih seorang pengusaha asal Medan, Bobby Nasution sebagai imam hidupnya. Pernikahannya digelar di tempat yang sama, Graha Saba Buana Solo pada 8 November 2017.

Serupa dengan sang kakak, ia memilih Gedung Graha Saba Buana, Kahiyang-Bobby juga memilih desainer Tuty Adib Adiputra dan Hanif Aisyah Nanjaya untuk membuatkan busana pengantin. Kahiyang mengenakan busana adat Solo, lengkap dengan paes hijau dan alis menjangan ranggah.

Graha Saba Buana adalah gedung serbaguna milik keluarga Jokowi yang digunakan untuk menikahkan kedua putra putrinya. Jika diperhatikan secara teliti, penampakan muka gedung ini seperti rumah-rumah lawas era kolonial Belanda atau acap disebut berarsitektur indis.

Baca Juga: Alumni Akpol 1990 Bantu Korban Gempa Cianjur

Graha Saba juga berhiaskan ornamen relief tradisional khas rumah adat Jawa yang memiliki fasilitas cukup komplit, mulai dari panggung hiburan, musala, hingga mini garden.

5. Kaesang Pangarep

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022) lalu digelar di Hotel Royal Ambarrukmo. Hotel ini sebelumnya bernama Pesanggrahan Ambarrukmo yang awalnya digunakan sebagai tempat menjamu tamu Keraton Yogyakarta.

Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo dibangun pada 1856, semasa kekuasaan Hamengkubuwono II, pendopo ini merupakan salah satu situs bersejarah di Yogyakarta. Terdiri dari Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Bale Kambang, Gandhok, Pacaosan, dan alun-alun.

Di dalam ageng yang juga berfungsi sebagai museum dan terbuka untuk umum, terdapat sebuah kamar yang pernah ditempati Hamengkubuwono VII hingga akhir hayat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga