Meski Belum Punya Gedung Sendiri Proses Kuliah di ITBKM Muna Barat Berjalan Lancar

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 17 Januari 2023
0 dilihat
Meski Belum Punya Gedung Sendiri Proses Kuliah di ITBKM Muna Barat Berjalan Lancar
Mahasiswa jurusan administrasi kesehatan ITBKM Muna Barat yang akan melaksanakan PBL di beberapa Puskesmas. Foto: Ist.

" Meski bangunan masih menyatu dengan sekolah, tak urungkan proses perkuliahan di Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah (ITBKM) Muna Barat terhambat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Meski bangunan masih menyatu dengan sekolah, tak urungkan proses perkuliahan di Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah (ITBKM) Muna Barat terhambat.

Diketahui, perguruan tinggi yang terletak di Kecamatan Tikep, Muna Barat tersebut menyediakan tiga jurusan yakni, kewirausahaan, teknik sipil dan administrasi kesehatan.

Sekretaris Rektor ITBKM Muna Barat, Fahrudin mengatakan, proses perkuliahan di perguruan tinggi tersebut telah dilaksanakan sejak 29 September 2022 lalu, sehingga terhitung berjalan satu semester.

"Izin operasional kampus baru keluar pada 31 April 2022 lalu,"  ungkapnya via WhatsApp, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga: Dua Lembaga di Kolaka Utara Prihatin Kasus Pelecehan Seksual Anak Meningkat

Saat ini juga para mahasiswa di kampus tersebut dalam proses melaksanakan ujian akhir semester, serta ada beberapa mahasiswa jurusan administrasi kesehatan telah diturunkan untuk ikut praktik belajar langsung (PBL) pada empat Puskemas yakni di Puskesmas Wuna, Puskesmas Kampobalano, Tikep dan Tiworo Tengah disesuaikan dengan jarak tempat tinggal mahasiswa yang akan mengikuti PBL.

Didin juga mengatakan, jumlah keseluruhan mahasiswa ITBKM saat ini sebanyak 78 orang, untuk jurusan teknik sipil sebanyak 28 orang, administrasi kesehatan sebanyak 21 orang, kemudian kewirausahaan sebanyak 29 orang.

Sebagai kampus yang membutuhkan skill tambahan bagi mahasiswa yang berada pada tiga jurusan tersebut, pihak kampus juga selanjutnya akan menurunkan kedua jurusan yang belum lakukan PBL, pasalnya mahasiswa tersebut membutuhkan pengalaman dengan mengimplementasikan ke masyarakat terkait teori yang diperoleh di kampus.

Sementara, salah satu dosen kesehatan ITBKM Muna Barat, Wa Ode Impers mengatakan, total mahasiswa yang telah diikutkan dalam PBL yaitu sebanyak 20 orang.

"Ini bagian dari upaya dalam wujudkan visi misi perguruan tinggi di daerah kita ini," ungkapnya.

Tak hanya itu, bagian dari tujuan guna melahirkan mahasiswa agar lebih berkompeten pada bidangnya masing-masing, sehingga pihak kampus menurunkan langsung para mahasiswa untuk dapat belajar di lapangan.

"Kami berterima kasih kepada pemda telah bersedia menerima para mahasiswa untuk laksanakan PBL," ujarnya.

Baca Juga: Sat Lantas Polres Muna Temukan Banyak Pengendara Tak Gunakan Helm SNI

Sementara itu, Asisten III Setda Muna Barat, Syahrullah Ando, para mahasiswa dapat membangun jiwa disiplin, etika kerja dan komunikasi yang baik, sehingga nantinya akan menjadi bekal yang berguna saat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

"Semoga mereka tetap menjaga etika kerja serta berkomunikasi dengan baik," tuturnya.

Ia juga berpesan agar mahasiswa yang ditempatkan pada OPD khususnya pada wilayah kecamatan agar dapat mengikuti aturan yang berlaku, menjaga sopan santun, serta adat dan istiadat pada masyarakat setempat. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga