Modal Minim, Sukses Buka Usaha Jajanan Milenial

Evy Septiana Warsito, telisik indonesia
Rabu, 06 Desember 2023
0 dilihat
Modal Minim, Sukses Buka Usaha Jajanan Milenial
Usaha kuliner milik Sezari Nur Azizah di Konda, Konawe Selatan. Foto: Evy Septiana Warsito/Telisik

" Sezari Nur Azizah (22) adalah pemilik usaha jajanan kuliner milenial yang outletnya terletak di Kecamatan Konda, Konawe Selatan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Sezari Nur Azizah (22) adalah pemilik usaha jajanan kuliner milenial yang outletnya terletak di Kecamatan Konda, Konawe Selatan. Usaha ini berawal ketik kuliah, Ia berencana membuat usaha jajanan dan aneka minuman yang digemari milenial.

Setelah melakukan observasi dan belajar dari media sosial TikTok, Ia akhirnya berhasil membuat aneka jajanan hits dengan modal yang sangat minim yakni Rp 1 juta.

"Awalnya kita masih memakai modal minim apa adanya. Jadi waktu awal aneka minuman yang kita jual hanya terbatas beberapa rasa, glassnya juga hanya beberapa warna, modal pisang sama kulit lumpia, jadi," tutur Sezari.

Dengan memanfaatkan kesempatan lahan yang diberikan mertuanya, Sezari mengaku memiliki banyak tantangan dalam menjalankan usahanya di antaranya modal awal yang minim, sehingga Ia hanya menjual aneka minuman dan aneka pisang.

Masalah minimnya transportasi untuk fasilitas pesan antar, juga tempat usaha yang menurutnya kurang luas, menjadi kendala dalam menjalankan usahanya. Namun Ia tetap semangat, meski dipandang sebelah mata oleh orang lain bahkan keluarganya sendiri, yang mengatakan seorang sarjana hanya menjadi penjual, sehingga sekolahnya dianggap tidak berguna.

Baca Juga: Cerita di Balik Pemilik Usaha Angkringan Pak Dhe Mun Kota Kendari

Bahkan ia sempat diminta oleh keluarganya untuk berhenti berjualan dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi, namun Ia menolak dan bersikeras untuk terus jalankan usaha tersebut yang menurutnya merupakan passionnya sejak lama.

April, Asisten Sezari menuturkan, menu yang dijualnya antara lain minuman aneka rasa, minuman coklat, mojito, thai tea, alpukat kocok, dan sebagainya. Juga jajanan pisang coklat, pisrol, pisang nugget, dengan harga dibanderol Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

Omzet per hari antara Rp 800.000 sampai Rp 1 juta, belum termasuk usaha jasa make up yang juga dijalaninya, sehingga menurutnya cukup untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Pernah Dijuluki Sarjana Cendol, Warga Konawe Selatan Novi Rahayu Sukses jadi Pengusaha Warkop Mini

"Adapun keunggulan produk usaha ini antara lain mengutamakan cita rasa yang lebih kental dengan bahan premium, kemasan dan sajian yang mewah dan menarik dengan kombinasi warna-warna terang serta tampilan yang dibuat semenarik mungkin," jelasnya.

Tidak hanya itu, ke depannya Ia berusaha konsisten untuk menghadirkan berbagai menu terjangkau dan ramah di kantong. Adapun menu yang rencananya akan dibuat antara lain donat pops, brownies varian rasa, aneka kue tar dan bakso varian rasa.

"Percaya diri saja jika kalian sedang menjalankan suatu. Namun jika sesuatu itu bukan passion dan minat kalian, jangan diteruskan. Dan jika kita punya semangat, tekad, dan kemauan untuk berusaha walaupun modal minim, pasti jadi," tandas Sezari. (B)

Penulis: Evy Septiana Warsito

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga