Asisten III Pensiun, Bupati Muna Kehilangan Birokrasi Tulen

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 31 Desember 2021
0 dilihat
Asisten III Pensiun, Bupati Muna Kehilangan Birokrasi Tulen
Asisten III Pemkab Muna, Ali Basa (tengah) bersama Kabag Protokoler Komunikasi Pimpinan, Ali Syadikin dan Sekwan, Edi Ridwan. Foto: Sunaryo/Telisik

" 31 Desember 2021 merupakan hari terakhir bagi Asisten III Pemkab Muna, Ali Basa menjalankan tugas sebagai ASN "

MUNA, TELISIK.ID - 31 Desember 2021 merupakan hari terakhir bagi Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Ali Basa menjalankan tugas sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Ali Basa pensiun di usia 60 tahun. Selama menjadi birokrasi, Ali Basa menduduki jabatan strategis di Pemkab Muna maupun Pemkab Muna Barat (Mubar).

Sebelum 'hijrah' ke Mubar, Ali Basa menduduki jabatan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) di Muna. Lalu, di Mubar menduduki jabatan yang sama pula (Kadinsos).

Ia pun kembali ke Muna di awal pemerintahan LM Rusman Emba di periode pertama. Ia langsung diangkat sebagai Asisten II. Tak berselang lama, ia dipercaya menjadi Kadis PUPR, kemudian dipindakan menjadi Asisten III.

Selama menjadi Asisten III, ia ditunjuk sebagai Pj Sekda Muna selama enam bulan. Lalu, kembali menjadi Asisten III hingga pensiun. Menariknya, Ali Basa pensiun pada jabatan Asisten III sekaligus Plh sekda, Jumat (31/12/2021).

Di dunia birokrasi, kemampuan dan loyalitas Ali Basa tidak diragukan lagi. Makanya, Bupati Muna, LM Rusman Emba sangat kehilangan sosok Ali Basa yang dikenalnya sebagai birokrasi tulen yang dalam pemerintahan, mampu menerjemahkan apa yang menjadi keinginan kepala daerah.

"Pengabdian Ali Basa sebagai birokrasi harus ditiru. Beliau merupakan birokrasi tulen dengan kemampuan yang sangat luar biasa," kata Rusman.

Meskipun telah purna tugas, Rusman masih sangat membutuhkan ide-ide Ali Basa untuk memajukan daerah dan mensejahterahkan masyarakat.

"Pak Ali Basa ini masih tetap bagian dari kita," timpalnya.

Rasa kehilangan terhadap sosok Ali Basa ikut pula dirasakan Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Muna, Ali Syadikin. Katanya, Ali Basa merupakan birokrasi yang kerap memecahkan persoalan yang selama ini terjadi di daerah. Kaitannya dengan tugas-tugas pemerintahan, semua diselesaikan hingga tuntas.

"Beliau (Ali Basa) bijak dalam mengambil keputusan," sebutnya.

Sementara itu, Ali Basa menyampaikan terima kasih pada Bupati, LM Rusman yang selama ini telah mempercayainnya membantu dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Baca Juga: Dua Rumah dan Satu Mobil Pick Up di Muna Ludes Terbakar

"Insyaallah, saya akan terus membantu program-program Pemkab," janjinya.

Setelah pensiun, ia belum kepikiran untuk berbuat lain-lain. Ia fokus untuk menikmati masa-masa pensiunnya bersama keluargannya.

Baca Juga: Bappeda Dianggap Tak Cakap Perencanaan Anggaran, APBD Jatim Amburadul

"Nantilah kita lihat kedepan apa yang saya akan lakukan. Prinsipnya, saat ini, saya mau nikmati dulu pensiun bersama keluarga," tukasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga