Muna Barat Menuju Universal Worker Coverage Terbuka

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 29 Oktober 2023
0 dilihat
Muna Barat Menuju Universal Worker Coverage Terbuka
Pemda Muna Barat daftarkan seluruh masyarakat pekerja renta dalam BPJS Ketenagakerjaan. Foto: Ist.

" Tak hanya BPJS Kesehatan 100 persen didaftarkan untuk masyarakat, Pemda Muna Barat kembali daftarkan BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh warga "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Tak hanya BPJS Kesehatan 100 persen didaftarkan untuk masyarakat, Pemda Muna Barat kembali daftarkan BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh warga.

Diketahui, sebelumnya Pemda Muna Barat telah daftarkan 11.560 jiwa atau 13,89 persen dari 87.000 penduduk sebagai pekerja renta untuk mendapatkan manfaat jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, didaftarkannya seluruh masyarakat bagian dari mengentaskan kemiskinan, serta ini bentuk santunan kematian dan jaminan kecelakaan kerja.

"Jaminan kematian ini nantinya akan diberikan kepada ahli waris pekerja renta tersebut," ungkapnya, Minggu (29/10/2023).

Baca Juga: Pospera Muna Barat Deklarasi Menangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Dalam santunan kematian itu hak waris mendapatkan biaya santunan senilai Rp 42 juta, contohnya salah satu warga Muna Barat yang telah ditinggalkan suaminya setelah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan mendapat santunan sebanyak Rp 42 juta.

Kemudian, peserta BPJS ketenagakerjaan selama dua tahun yang telah terdaftar, ketika meninggal dunia ahli waris mendapat tunjangan serta anak-anaknya dari hingga perguruan tinggi mendapatkan beasiswa.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kendari, Abdurrohman Sholih mengatakan, ini bagian dari wujud negara hadir untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat apabila terjadi kecelakaan dalam bekerja melalui program BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Didampingi Jaksa, Proyek di Muna Barat Belum Tentu Aman

"Pj Bupati Muna Barat telah hadir dan turut mendaftarkan masyarakat dalam BPJS Ketenagakerjaan, sehingga ahli waris mendapat santunan kematian," ungkapnya.

Untuk itu, dalam proses memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat pekerja Muna Barat, maka nantinya Kabupaten Muna Barat mampu mewujudkan Universal Worker Coverage.

Selanjutnya, ahli waris La Ningkapi mengatakan, sebelumnya suaminya bekerja sebagai petani, dan saat ini suaminya telah meninggal dunia dengan meninggalkan beberapa orang anak, maka dengan bantuan jaminan kematian yang diberikan pemerintah mampu meringankan bebannya dan menjadi tabungan untuk menyekolahkan anak-anaknya.

"Pemda telah hadir untuk membantu kami sekeluarga," pungkasnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga