Negara Pemberi Beasiswa Terbanyak di Indonesia, Cocok jadi Rujukan Scholarship Hunters

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 16 Oktober 2023
0 dilihat
Negara Pemberi Beasiswa Terbanyak di Indonesia, Cocok jadi Rujukan Scholarship Hunters
Tiap tahun negara-negara maju memberikan kesempatan emas bagi pelajar Indonesia jika ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Foto: Kalderanews.com

" Menjadi kepercayaan negara lain dalam memberikan peluang beasiswa tak mudah lho. Bahkan negara-negara tertentu hanya akan membuka akses tersebut ketika memiliki hubungan diplomasi yang baik dengan negara tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjadi kepercayaan negara lain dalam memberikan peluang beasiswa tak mudah lho. Bahkan negara-negara tertentu hanya akan membuka akses tersebut ketika memiliki hubungan diplomasi yang baik dengan negara tertentu.

Namun, hak tersebut rupanya tak terlalu berlaku di Indonesia, bahkan tak sedikit negara-negara maju menawarkan beasiswa pada pelajar di Indonesia.

Berikut ini negara dermawan yang sering bagi-bagi beasiswa, khususnya pada pelajar Indonesia di antaranya:

Baca Juga: 5 Universitas dengan Jurusan Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia

1. Korea Selatan

Tak hanya mendunia karena Korean Wave-nya, sebenarnya Korea Selatan juga punya kualitas pendidikan yang bagus. Banyak perguruan tinggi terbaik dengan berbagai tawaran jurursan yang susah ditolak. Beasiswanyapun beragam, misalnya Korean Government Scholarship Program (KGSP), K'Arts untuk jurusan seni dan desain, atau Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) untuk teknik dan sains.

2. Singapura

Negara tetangga ini juga termasuk dermawan, lho. Bagaimana tidak, Singapura punya beberapa beasiswa menggiurkan – dua diantaranya adalah ASEAN Scholarships for Indonesia dari Ministry of Education (MOE) Singapura dan Singapore International Graduate Award (SINGA) seperti dikutip dari Akupintar.id.

3. Amerika Serikat

Negara yang terkenal sebagai negara adidaya ini memiliki banyak kampus ternama dan sering masuk pemeringkatan kampus terbaik di dunia.  Pilihan Beasiswa : Fulbright Scholarship, Knight-Hennessy Scholarship, American Association of University Women, ADB-JSP, Beasiswa LPDP, dan Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

4. Inggris

Tidak mau ketinggalan, negara Inggris juga memiliki banyak kampus top dan menjadi incaran banyak mahasiswa misalnya University of Oxford seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Deretan Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL

Pilihan Beasiswa : Jardine Scholarship, British Council for Women in STEM, Chevening Scholarship, Beasiswa LPDP, Beasiswa Indonesia Maju (BIM), GREAT Scholarship, Gates Cambridge Scholarship.

5. Jerman

Memiliki beberapa kampus unggulan seperti University of Freiburg, Humboldt University of Berlin. Pilihan Beasiswa : Erasmus, Heinrich Boll Scholarship, DAAD Helmut-Schmidt Programme, dan Marie Sklodowska-Curie Actions Early Stage Researcher Fellowship. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga