Nelayan Asal Morowali Hilang di Perairan Pulau Wawonii

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 13 Januari 2024
0 dilihat
Nelayan Asal Morowali Hilang di Perairan Pulau Wawonii
Tim Basarnas melakukan pencarian terhadap korban dengan menggunakan perahu karet. Foto: Ist.

" Kecelakaan kapal menimpa seorang nelayan Morowali, Haerudin (29), saat memancing di perairan Pulau Wawonii, sekitar pukul 05.50 Wita, Sabtu (13/1/2024) "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Kecelakaan kapal menimpa seorang nelayan Morowali, Haerudin (29), saat memancing di perairan Pulau Wawonii, sekitar pukul 05.50 Wita, Sabtu (13/1/2024).

Keluarga korban, Syahyudin, melaporkan insiden ini kepada pihak berwenang, Jumat (12/1/2024) sekitar pukul, 13.00 Wita, saat korban bersama kerabatnya menggunakan longboat menuju Pulau Wawonii.

Di tengah perjalanan, korban mampir memancing di sebuah rumpon, namun hingga malam tiba, korban belum kembali.

Tim Rescue KPP Kendari pagi ini bergerak ke lokasi kejadian dengan menggunakan RIB pada pukul 06.10 Wita untuk memberikan bantuan pencarian dan penyelamatan (SAR). Jarak tempuh menuju lokasi kejadian dari Dermaga Basarnas Kendari adalah sekitar 32 NM.

Baca Juga: Perbaiki Rompong Ikan, Nelayan Buton Selatan Hilang di Teluk Lande

Muhamad Arafah, Kepala KKP Kendari mengungkapkan bahwa korban, Haerudin, merupakan penduduk Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Saat kejadian, cuaca berawan hingga hujan ringan dengan tinggi gelombang mencapai 0,1 - 0,5 meter, kecepatan angin sekitar 2 - 10 knots, dan arah angin dari Barat Laut ke Timur Laut.

Baca Juga: Proses Pencarian Nelayan di Buton Selatan Sampai 7 Mil Lepas Teluk Lande

Peralatan yang digunakan dalam operasi SAR melibatkan rescue car, RIB, palsar evakuasi, palsar medis, peralatan komunikasi, dan peralatan pendukung keselamatan lainnya.

Keluarga korban kemudian melakukan pencarian di sekitar rumpon tersebut tanpa hasil. Kini, Tim Rescue KPP Kendari terus berupaya melakukan pencarian intensif dengan harapan menemukan nelayan yang hilang tersebut. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga