Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Puasa Ramadan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 23 Maret 2023
0 dilihat
Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Puasa Ramadan
Mandi sebelum melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan meski tidak diwajibkan, diperbolehkan sebagai aktivitas penyucian diri. Foto: Repro Liputan6.com

" Mandi sebelum puasa tetap boleh saja dilakukan, namun bukan kewajiban karena semata-mata untuk mensucikan diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian orang melakukan tradisi mandi sebelum puasa Ramadan dimulai. Hal ini sebenarnya tidak diwajibkan untuk orang yang tidak mempunyai hadas besar.

Dilansir dari Kompas.tv, mandi sebelum puasa tetap boleh saja dilakukan, namun bukan kewajiban karena semata-mata untuk mensucikan diri.

Dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81) karya Syekh Ibrahim al-Bajuri menjelaskan terkait kesunahan mandi di malam Ramadan.

Artinya: Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah, dan setiap malam di bulan Ramadan.

Dikutip dari Jabar.tribunnews.com, berikut Telisik.id merangkum bacaan niat mandi dan keramas sebelum Ramadan, lengkap dengan tata cara mandi diajarkan Rasulullah SAW.

Bacaan niat mandi dan keramas

“Nawaitu ghusla lidukhuli romadoona sunnatan lillahi ta’aalaa.”

?Artinya: Aku berniat mandi menjelang atau sebelum Ramadan sunnah karena Allah Ta’ala.

Baca Juga: Amalan Ini Perlu Dipersiapkan Jelang Ramadan

Berikut tata cara mandi dan keramas sebelum puasa Ramadan.

1. Niat

Membaca niat sebenarnya bisa dilakukan di dalam hati sebelum beranjak ke kamar mandi. Anda juga bisa melafalkan bacaan niat mandi sebelum puasa Ramadan di atas.

2. Membersihkan telapak tangan

Sebelum mengguyur air ke seluruhan badan, terlebih dahulu membersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali secara bergantian seperti berwudhu. Hal ini dilakukan agar telapak tangan kita terhindar dari najis.

3. Membersihkan kemaluan

Setelah membersihkan tangan, kemudian bersihkan kemaluan sampai dubur bisa menggunakan sabun. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran yang mungkin masih menempel di sekitar kemaluan.

4. Mencuci kedua tangan dengan sabun

Setelah itu cuci kembali kedua tangan dengan sabun dan bilas bersih. Hal ini untuk menghindari kotoran tersisa di bagian tangan setelah membersihkan kemaluan.

5. Berwudhu

Setelah itu, dilanjutkan melakukan wudhu seperti wudhu sebelum salat.

Baca Juga: Ini Sanksi Kafarat bila Berhubungan Suami Istri di Bulan Ramadan

6. Mengguyur seluruh badan

Setelah berwudhu, guyurkan air ke seluruh badan dari ujung rambut hingga mengalir ke pori-pori kulit.

7. Keramas

Mengguyur air ke seluruh badan dimulai di atas kepala sebanyak 3 kali. Lalu sela pangkal rambut dengan jari-jari yang sudah basah hingga terkena kulit kepala. Jika kulit kepala sudah dirasa basah, maka guyur dari atas kepala sebanyak 3 kali.

8. Bilas Tubuh

Saat membilas tubuh, dimulai dari bagian kanan lalu dilanjutkan dengan bagian kiri dengan menggunakan air. Pastikan setiap bagian yang ada di seluruh tubuh dapat terkena air. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga