Numpang di Gedung TK, Kondisi DPRD Mubar Memprihatinkan

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 30 Juni 2020
0 dilihat
Numpang di Gedung TK, Kondisi DPRD Mubar Memprihatinkan
Netizen memposting kondisi gedung rapat DPRD Mubar. Foto: Ist.

" Anggaran renovasinya sudah ada, hanya terkendala COVID-19. Nanti kita akan tambah di APBD-P. "

MUNA, TELISIK.ID - Usia Kabupaten Muna Barat (Mubar) sudah enam tahun. Akan tetapi, hingga saat ini, fasilitas gedung-gedung pemerintahan, kondisinya sangat memprihatinkan.

Sebut saja Kantor DPRD Mubar yang masih menumpang di eks gedung Taman Kanak-Kanak (TK) di Desa Barangka, Kecamatan Barangka.

Kondisi gedung yang sudah dimakan usia, membuat plafon di ruang rapat nyaris rubuh. Para wakil rakyat pun saat sidang serba was-was, jangan sampai tertimpa balok dan tripleks.

Agung Darma, Wakil Ketua DPRD Mubar yang dikonfirmasi membenarkan kondisi bangunan sudah mengalami kerusakan. Tahun ini, sebenarnya mereka telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 200 juta untuk renovasi. Akan tetapi terhalang dengan wabah COVID-19.

50 persen anggaran renovasi dialihkan untuk penanganan COVID-19. Sehingga anggaran yang tersisa tinggal Rp 100 juta. Mereka pun berencana menambahnya di APBD-P.

Baca juga: Pemkab Buton Utara Tiga Tahun Berturut-turut Raih WTP

"Anggaran renovasinya sudah ada, hanya terkendala COVID-19. Nanti kita akan tambah di APBD-P, " kata Agung.

Politisi Demokrat itu tak menafikan bahwa, gedung DPRD statusnya masih pinjam pakai dari yayasan dan belum dihibahkan ke Pemkab. Toh, kalau sudah dihibahkan ke Pemkab, tentunya mereka akan memprioritaskan anggaran untuk membuat gedung itu menjadi megah seperti di daerah-daerah lain.

"Karena statusnya masih pinjam pakai eks gedung TK milik yayasan, terpaksa kami hanya anggarkan untuk renovasi saja," ujarnya.

Ia berharap kondisi gedung saat ini tidak dipolemikan. Dalam waktu dekat, akan dilakukan renovasi di ruang rapat dan ruangan unsur pimpinan.  

"Saya pribadi merasa tidak nyaman saat kegiatan rapat. Tapi itulah kondisinya," pungkasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga