Nyaris Tiap Hari TPU Punggolaka Kendari Terima Jenazah COVID-19

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 06 Juli 2021
0 dilihat
Nyaris Tiap Hari TPU Punggolaka Kendari Terima Jenazah COVID-19
Lahan makam jenazah COVID-19. Foto: Musdar/Telisik

" Angka kematian karena COVID-19 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengalami peningkatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Angka kematian karena COVID-19 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengalami peningkatan.

Hal tersebut terjadi menyusul gelombang kedua COVID-19 yang mulai terindikasi pada awal Juni 2021.

UPTD Pemakaman Punggolaka, Kota Kendari mencatat sejak 18 Juni 2021 ada 12 Jenazah COVID-19 yang dimakamkan di TPU Pemakaman Punggolaka.

Kepala UPTD Pemakaman Punggolaka, Muhammad Idris mengatakan, pada Juni 2021 hampir setiap hari TPU menerima laporan ada jenazah COVID-19 yang harus dimakamkan.

Berbeda dari Februari hingga Mei 2021, tidak ada jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di TPU.

Lain juga pada Januari 2021, tercatat ada lima Jenazah yang dimakamkan di TPU.

"Nanti pada tanggal 18 Juni, hampir tiap hari sampai sekarang," kata Muhammad Idris saat ditemui Telisik.id di TPU Punggolaka, Selasa (16/7/2021).

Baca juga: Pemkot Kendari Perluas Layanan Vaksinasi Hingga Puskesmas

Baca juga: Pemerintah Berlakukan PPKM Mikro di Luar Jawa-Bali Termasuk Kendari

"Padahal lima bulan itu (Februari-Mei) tidak pernah ada laporan ada jenazah yang mau dimakamkan di TPU Punggolaka," sambungnya.

Muhammad Idris mengungkapkan, setiap hari laporan tim Satgas COVID-19 Kota Kendari yang diterima ada satu hingga dua jenazah.

"Tapi tidak semua dikuburkan di TPU Punggolaka, apakah mungkin mereka diambil sama keluarga lalu dikuburkan dimana dia (jenazah) berdomisili, karena saya lihat ini banyak yang rujukan luar daerah seperti Konawe Utara (Konut) Konawe Selatan (Konsel). Buktinya, beberapa hari ini mulai sejak kemarin sampai saat ini ada laporan korban COVID-19, tapi dikuburkan di daerah masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Kendari, dr Sukirman menyampaikan pasien COVID-19 yang meninggal akan dimakamkan di TPU Punggolaka.

Namun, apabila ada pasien COVID-19 meninggal dan bukan berdomisili dari Kota Kendari maka bisa makamkan di daerah tempat jenazah itu berasal.

"Kalau kemarin ada yang dari Konut dijemput sendiri dari RS Konut sesuai dengan Protokol Kesehatan COVID-19," jelas dr Sukirman.

Untuk diketahui, total jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di TPU Punggolaka sebanyak 89 orang. Dengan rincian, 72 Jenazah pada tahun 2020 dan 17 jenazah tahun 2021. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga