Bank Sampah Sehati Kota Kendari Segera Launching Akhir Juni, Ini Persiapannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 16 Juni 2021
0 dilihat
Bank Sampah Sehati Kota Kendari Segera Launching Akhir Juni, Ini Persiapannya
Lokasi Bank Sampah Sehati di Kelurahan Lahundape. Foto: Ist.

" Bank Sampah Sehati yang digagas Jendela Rumah Sehati (JARS) Foundation bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, segera launching akhir bulan Juni 2021. "

KENDARI, TELISIK.ID - Bank Sampah Sehati yang digagas Jendela Rumah Sehati (JARS) Foundation bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, segera launching akhir bulan Juni 2021.

Menjelang launching Bank Sampah Sehati ini, JARS Foundation melakukan berbagai persiapan, begitu pun juga dengan Pemkot Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK).

Hal tersebut disampaikan Kepala DLHK Kendari, Nismawati. Menurutnya, saat launching nanti pihaknya akan memamerkan paving block yang berbahan sampah plastik.

Dimana, kata dia, paving block tersebut akan dipasang di jalan masuk Bank Sampah Sehati yang terletak di kantor Kelurahan Lahundape.

"Akhir bukan Juni ini akan launching, karena saat ini kita lagi produksi paving block untuk dipasang di jalan masuk Bank Sampah. Nanti kita akan perlihatkan bahwa ini yang kita injak adalah hasil olahan sampah," katanya, belum lama ini.

Sementara untuk mesin pencetak paving block sudah ada di lokasi Bank Sampah Sehati.

Baca juga: Gelombang Kedua COVID-19, Kendari Berlakukan Lockdown

Baca juga: Jelang HANI 2021, BNNP Sultra Temui Gubernur

"Alat cetak batako (paving block) dari sampah plastik kita sudah punya. Namun setelah ada alatnya, ternyata kita kekurangan bahan baku," tambahnya.

Bahan baku untuk pembuatan paving block masih kurang, sehingga pihaknya saat ini sosialisasi untuk pengumpulan sampah plastik.

Olehnya itu, mantan Kepala Dinas Pangan Kendari ini melanjutkan, pihaknya bersama JARS Foundation sosialisasi untuk pengumpulan sampah plastik sebagai bahan paving block.

Dengan meminta warga yang memiliki sampah plastik, dikumpulkan lalu diserahkan ke tim pengelola Bank Sampah Sehati.

"Jadi di Medsos tim JARS gencar sosialiasi utuk meminta warga yang punya sampah plastik untuk bisa dikumpulkan lalu diberikan ke tim JARS, seperti sampah plastik bungkus minyak, mie instan dan sebagainya," lanjutnya.

Senada dengan itu, pengelola Bank Sampah Sehati, Aisa Rauf mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan launching Bank Sampah di Kelurahan Lahundape yang rencananya akan digelar pada akhir Juni mendatang.

"Sekarang juga masih di Bank Sampah Lahundape tuk persiapan launching," katanya saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Selasa (15/6/2021). (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga