Omset Pedagang Pakaian di Pasar Sentral Lacaria Kolaka Utara Menurun

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Omset Pedagang Pakaian di Pasar Sentral Lacaria Kolaka Utara Menurun
Kondisi kios pedagang pakaian yang tampak sepi pengunjung di Pasar Lacaria Kolaka Utara. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Sejumlah pedagang pakaian, sandal dan sepatu di Pasar Sentral Lacaria Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara mengeluhkan sepinya pembeli selama bulan suci ramadan 1444 Hijiriah tahun ini. Akibatnya, omset mereka kali ini menurun drastis di banding ramadan tahun lalu "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sejumlah pedagang pakaian, sandal dan sepatu di Pasar Sentral Lacaria Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara mengeluhkan sepinya pembeli selama bulan suci ramadan 1444 Hijiriah tahun ini. Akibatnya, omset mereka kali ini menurun drastis di banding ramadan tahun lalu.

Salah satu pedagang pakaian di pasar Lacaria, Harmoko menuturkan, tahun ini pembeli sangat sepi. Omsetnya pun menurun drastis di banding tahun lalu.

"Tahun lalu H-7 lebaran itu pembeli sudah banyak dan omset kita bisa mencapai Rp 10 juta hanya setengah hari jualan. Kalau sekarang dapat Rp 5 juta saja setengah mati," terangnya, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: H-1 Idul Fitri Kondisi Arus Mudik di Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara Normal

Lebih lanjut, Harmoko menuturkan jika mayoritas pengunjung pasar Lacaria berbelanja pakaian anak-anak dan baju-baju muslim.

Pedagang lain, Harlita mengatakan, ramadan tahun ini omsetnya menurun drastis. Tahun lalu pada H-10 Idul Fitri pembeli sudah ramai, sekarang sudah H-2 belum ada lonjakan pembeli.

"Karena barang saya khusus busana muslim jumlahnya sedikit tidak seperti yang lain. Tahun lalu itu sehari bisa dapat Rp 2 juta sampai Rp 3 juta, sekarang kadang dapat Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta," jelasnya.

Hal serupa dikemukakan Zaenudin, salah satu pedagang sandal dan sepatu di Pasar Lacaria. Kata dia, tahun lalu 20 hari sebelum lebaran pembeli sudah ramai. Pendapatannya juga bisa mencapai Rp 4 juta sampai Rp 5 juta per hari.

Baca Juga: Sejumlah Masjid di Kolaka Utara Siap Gelar Salat Idul Fitri Besok

"Tahun ini sehari hanya bisa dapat Rp 2 juta sampai Rp 3 juta itu nanti H-5 lebaran. Dan hampir semua pedagang di pasar ini merasakan dampaknya, menurun sekali tidak seperti tahun kemarin," ujarnya.

Ansar yang juga berjualan sandal dan sepatu merasakan hal serupa, menurutnya tahun ini omset menurun akibat minimnya pembeli.

"Tahun lalu kan Corona orang dilarang mudik jadi masyarakat tidak belanja di luar daerah. Kalau tahun ini menurun sekali, sehari hanya bisa dapat Rp 3 juta," pungkasnya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga