Omzet Pedagang Kecil di Air Terjun Moramo Turun Drastis

Sasmiraza, telisik indonesia
Senin, 16 November 2020
0 dilihat
Omzet Pedagang Kecil di Air Terjun Moramo Turun Drastis
Air Terjun Moramo. Foto: Repro Kumparan.com

" Menurun sekali penghasilan kami, padahal banyak pengunjung tapi yang jajan kurang. "

KENDARI, TELISIK ID - Pedagang kecil yang berjualan di sekitar area parkir Air Terjun Sumber Sari Moramo mengeluhkan menurunnya pendapatan akibat dampak pandemi COVID-19.

Salah seorang pedagang, Dayu (47) saat ditemui Telisik.id di lokasi, mengatakan, meskipun pengunjung banyak, namun pendapatan pedagang kecil sepertinya tidak sebanyak biasanya.

"Menurun sekali penghasilan kami, padahal banyak pengunjung tapi yang jajan kurang," ungkapnya pilu, Minggu (15/11/2020),

Menurutnya, penurunan pendapatan tersebut disebabkan karena kebanyakan pengunjung membawa bekal dan jajan dari rumah mereka masing-masing.

"Pengennya sih ke depannya bisa cepat normal kembali. Kalau sekarang jalanin aja dulu daripada gak ada pendapatan sama sekali," tambahnya.

Baca juga: Pemerintah Tempatkan Dana Program PEN di Bank Sultra Rp 250 Miliar

Hal senada juga diungkapkan Desi (45) yang mengalami penurunan pendapatan drastis hingga 60 persen. Diakuinya penurunan terjadi sejak terjadinya pandemi di Indonesia.

"Sebelum corona dapatnya lumayanlah, 300 sampai 400 ribu rupiah per hari, sekarang dapat Rp 100 ribu perhari saja susah Mbak," pungkasnya.

Meski dalam kondisi seperti itu, para pedagang kecil ini tetap optimis dan stay untuk terus berjualan setiap harinya. Sebab, hanya disinilah mata pencaharian mereka satu-satunya.

"Yaa tetap jualan hari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup, kalau nggak jualan ya nggak makan juga," tutupnya. (B)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga