Open AI Keluarkan GPT 4 Turbo

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 08 November 2023
0 dilihat
Open AI Keluarkan GPT 4 Turbo
Sama seperti GPT-4 sebelumnya, GPT-4 Turbo bisa digunakan oleh pelanggan korporat dan pengembang software dengan membayar biaya langganan. Foto: Repro Tek.id

" Selain harga yang lebih murah, GPT-4 Turbo juga membawa sejumlah peningkatan dibandingkan GPT-4. Salah satunya adalah basis pengetahuan terbaru yang dapat digunakan saat merespons permintaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejak dirilis ChatGPT setahun yang lalu, OpenAI terus melakukan pengembangan terhadap AI teks andalannya. Setelah merilis GPT-4 yang memungkinkan ChatGPT terhubung ke layanan lain, kini mereka kembali meluncurkan versi peningkatannya, yaitu GPT-4 Turbo.

Sama seperti GPT-4 sebelumnya, GPT-4 Turbo bisa digunakan oleh pelanggan korporat dan pengembang software dengan membayar biaya langganan.

Salah satu perbedaan utamanya terletak pada aktualitas dataset yang digunakan untuk melatih model AI. Training GPT-4 dilakukan dengan data hingga September 2021 saja, sedangkan GPT-4 Turbo menggunakan data hingga April 2023 sehingga pengetahuannya jauh lebih aktual dan sanggup memberikan jawaban hingga batas waktu.

Disampaikan langsung dalam konferensi pengembang pertamanya di San Fransisco pada 6 November lalu, GPT-4 Turbo hadir dalam dua versi yang akan tersedia secara umum beberapa minggu mendatang, yakni versi yang hanya menganalisis teks dan versi kedua yang memahami konteks teks dan gambar.

Baca Juga: Pakai ChatGPT untuk Cepat Keterima Kerja, Begini Caranya

"Kami mengoptimalkan kinerja sehingga kami dapat menawarkan GPT-4 Turbo dengan harga token masukan 3x lebih murah dan harga token keluaran 2x lebih murah dibandingkan dengan GPT-4,” tulis OpenAI dalam postingan blog, sebagaimana dikutip dari Okezone.com, Selasa (7/11/2023).

Selain harga yang lebih murah, GPT-4 Turbo diketahui juga membawa sejumlah peningkatan dibandingkan GPT-4. Salah satunya adalah basis pengetahuan terbaru yang dapat digunakan saat merespons permintaan.

Baca Juga: Intip 3 Perusahaan Pengguna Kecerdasan Buatan ChatGPT

GPT-4 Turbo mempelajari seberapa besar kemungkinan kata muncul berdasarkan pola, termasuk konteks semantik di sekitar teks. Misalnya, jika email biasa diakhiri dengan fragmen “Menantikan..” GPT-4 Turbo mampu melengkapinya dengan "...untuk mendengar kembali.”

Jendela konteks yang diperluas juga hadir melalui GPT-4 Turbo. Jendela konteks, diukur dalam token, mengacu pada teks yang dipertimbangkan model sebelum membuat teks tambahan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga