Operasi Zebra Anoa Sultra 2020 Momentum Edukasi Lawan COVID-19

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 12 November 2020
0 dilihat
Operasi Zebra Anoa Sultra 2020 Momentum Edukasi Lawan COVID-19
Aparat kepolisian menjadikan Operasi Zebra Anoa sebagai momentum mengedukasi masyarakat untuk melawan COVID-19. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Beberapa hari, sekitar empat hari kami sempat tindaki pelanggar karena tidak miliki SIM dan STNK. Tapi setelah keluar perintah Kapolri bahwa tidak ada penilaian, maka Operasi Zebra kami jadikan momentum edukasi lawan COVID-19. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pelaksanaan Operasi Zebra Anoa Sultra tahun 2020 ini nampak berbeda. Kali ini operasi  penertiban pengemudi kendaraan baik roda dua maupun roda empat dilakukan tanpa ada penilangan.

Kepada Telisik.id, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bombana, IPTU M. Arifin Fajar, S.M mengatakan, tingkat ketertiban masyarakat Bombana dalam berkendara sedikit membaik.

Setelah dilaksanakan Operasi Zebra, personel Satlantas Res Bombana sempat melakukan penindakan tegas dengan cara penilangan selama 4 hari sebelum dikeluarkannya pelarangan penilangan oleh Kapolri.

"Beberapa hari, sekitar empat hari kami sempat tindaki pelanggar karena tidak miliki SIM dan STNK. Tapi setelah keluar perintah Kapolri bahwa tidak ada penilaian, maka Operasi Zebra kami jadikan momentum edukasi lawan COVID-19," ungkap Arifin Fajar saat ditemui Kamis (12/11/2020).

Baca juga: JMSI Jatim dan Unitomo ke Dewan Pers Ajukan Jadi Lembaga UKW

Adapun yang dilakukan selama masa Operasi Zebra di antaranya adalah membagikan masker bagi pengendara yang tidak bermasker, membagikan stiker edukasi, pembagian sembako, mengedukasi masyarakat pentingnya kelengkapan surat dalam berkendara, serta sosialisasi keselamatan berkendara.

Lebih lanjut, Arifin menyebutkan, selama operasi dan setelahnya, tingkat pengurusan SIM oleh masyarakat masih terbilang normal.

"Untuk pengurusan SIM masih terbilang normal, tidak ada peningkatan. Karena dasarnya masyarakat Bombana nampak sadar dengan aturan-aturan berkendara," pungkasnya. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga