Orientasi Mahasiswa Baru UT Kendari Buat Rancangan Jadwal Pembelajaran

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 17 September 2023
0 dilihat
Orientasi Mahasiswa Baru UT Kendari Buat Rancangan Jadwal Pembelajaran
Penyampaian materi orientasi terkait rancangan pembelajaran mahasiswa. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Universitas Terbuka (UT) Kendari, Sulawesi Tenggara melakukan orientasi studi mahasiswa baru (OSMB) dan program pelatihan pelatihan keterampilan belajar jarak jauh (PKBJJ) "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Terbuka (UT) Kendari, Sulawesi Tenggara melakukan orientasi studi mahasiswa baru (OSMB) dan program pelatihan pelatihan keterampilan belajar jarak jauh (PKBJJ).

Kegiatan tersebut berlangsung selama 16-17  September 2023 di Plaza Inn Kendari, untuk program diploma dan sarjana masa 2023 ganjil. Sebanyak 253 mahasiswa yang terdiri dari tiga daerah, yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan dan Konawe Utara.

Sebelumnya, mahasiswa mengikuti kuliah umum tentang bela negara dari Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, memapar perilaku bela negara tak semata dengan senjata dan hanya dilakukan anggota militer saja, melainkan dengan menjalankan tugas dengan baik sebagai mahasiswa, yaitu belajar.

Hari kedua orientasi, mahasiswa diperkenalkan layanan pendukung kesuksesan belajar jarak jauh, dengan membuat rancangan jadwal belajar sesuai keinginan mahasiswa.

Saat pelatihan, mahasiswa diarahkan untuk melakukan praktik penentuan rencana belajar yang dibimbing oleh pemateri.

Baca Juga: UT Raih Rekor MURI di Perayaan Dies Natalis ke-39

Pemateri orientasi, Eko Harianto menyampaikan, mahasiswa dilatih untuk mendapatkan keterampilan belajar jarak jauh.

"Memang mahasiswa baru berhak mendapatkan LPKBJJ, jadi memang mahasiswa itu dilatih cara belajar untuk jarak jauh," paparnya.

Mahasiswa baru saat sedang mengikuti orientasi program pelatihan pelatihan keterampilan belajar jarak jauh. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

Selain melakukan sistem pembelajaran secara tatap muka, UT mempersiapkan sistem pembelajaran online untuk mengakomodir mahasiswa yang berhalangan mengikuti pembelajaran tatap muka.

PKBJJ juga menjadi salah satu program yang mendukung penyusunan strategi belajar. Hal tersebut mengarah pada modul atau bahan ajar yang merupakan kunci keberhasilan mahasiswa.

Seorang mahasiswa Delia mengatakan, pembelajaran jarak jauh tentu sangat fleksibel mempermudah dan tidak membatasi wilayah belajar mahasiswi.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa OSC 2023 Dibuka, Simak Syarat dan Jadwalnya

"Metode pembelajarannya bagus sangat membantu apalagi yang kerja, jadi metode pembelajaran ini fleksibel," katanya.

Mahasiswa yang lain, Rahmatia menyampaikan, apresiasi terhadap orientasi yang dilakukan oleh UT sangat membantu mempermudah proses belajar bagi mereka.

"Tadi penyampaiannya mudah dipahami, seru juga materi diikuti hiburan jadi mudah dipahami," tuturnya. (A-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga