Pagelaran Seni Budaya Kota Kendari, Kecamatan Baruga Juara Tari Lulo Tradisional

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 05 Mei 2023
0 dilihat
Pagelaran Seni Budaya Kota Kendari, Kecamatan Baruga Juara Tari Lulo Tradisional
Tim lulo tradisional Kecamatan Baruga terpilih sebagai juara pertama dengan mengalahkan 10 kecamatan lainnya di Kota Kendari. Foto: Ist.

" Lomba tari lulo tradisional yang digelar Kamis (4/5/2023) di lapangan eks MTQ, Kecamatan Baruga tampil sebagai juara "

KENDARI TELISIK.ID - Pagelaran Seni dan Budaya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-192 Kota Kendari, menyajikan berbagai lomba yang bertujuan melestarikan kearifan budaya lokal.

Pada momen lomba tari lulo tradisional yang digelar Kamis (4/5/2023) di lapangan eks MTQ, Kecamatan Baruga tampil sebagai juara, mengalahkan 10 kecamatan lainnya, dengan nilai 1.760.

Ketua tim juri, Iqbal Piagi menuturkan, penentuan juara telah didiskusikan oleh semua juri dengan beragam pertimbangan.

“Walaupun memang juri tidak mempunyai penilaian yang sama, tapi melalui diskusi dan pertimbangan-pertimbangan, sampai akhirnya kita mengerucut ke satu ketetapan bagaimana juknis dan bagaimana esensi dari lulo tradisional itu tercapai,” ujarnya, Kamis (4/5/2023) malam.

Baca Juga: Siswa Sekolah Ikut Lomba Tari Suku Tolaki di HUT ke-192 Kota Kendari

Camat Baruga, Sentosa, menyampaikan apresiasi luar biasa pada juri dan dukungan penonton serta kekompakan tim Tari Lulo Tradisional Kecamatan Baruga sehingga bisa tampil maksimal dan menjadi juara pertama.

“Alhamdulillah, kami sudah tunjukkan penampilan terbaik kami, sehingga bisa tampil sebagai juara pertama. Tim kami merupakan ibu-ibu PKK dan ibu lurah se-Kecamatan Baruga dan tidak ada satupun dari sanggar,” ujarnya.

Sementara itu, koordinator lomba kesenian, Adriana Musaruddin yang juga Sekretaris DPRD Kota Kendari menyampaikan ungkapan syukur, sehingga pagelaran lomba berjalan lancar.

Ia selaku panitia sudah berupaya keras sehingga acara bisa berjalan lancar walau ada sedikit kendala teknis di lapangan, namun masih bisa diatasi.

“Ini karena kekompakan tim Sekretariat DPRD. Terima kasih dan sukses buat acara lainnya, selamat menyambut HUT Kota Kendari ke-192 tahun,” tutupnya.

Baca Juga: Lestarikan Kearifan Lokal, Pemkot Kendari Gelar Lomba Seni Budaya Suku Tolaki

Untuk diketahui, hasil lomba Tari Lulo tradisional menetapkan 6 juara yaitu:

Juara 1 Kecamatan Baruga

Juara 2 Kecamatan Wua Wua

Juara 3 Kecamatan Kadia

Harapan 1 Kecamatan Mandonga

Harapan 2 Kecamatan Abeli

Harapan 3 Kecamatan Nambo. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga