Pantau Ketahanan Pangan di Kendari Kasad Maruli Simanjuntak Perintahkan Siaga Bencana

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 04 Mei 2024
0 dilihat
Pantau Ketahanan Pangan di Kendari Kasad Maruli Simanjuntak Perintahkan Siaga Bencana
Kasad Maruli Simanjuntak, saat berfoto bersama anak sekolah, terlihat semangat meski baju kebasahan. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Republik Indonesia (RI), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, melakukan peninjauan ketahanan pangan di Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Republik Indonesia (RI), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, melakukan peninjauan ketahanan pangan di Kendari, Sabtu (4/5/2024).

Pada kesempatan tersebut Maruli Simanjuntak memerintahkan untuk siaga bencana alam yang mungkin saja terjadi di setiap daerah, termasuk di Kota Kendari.

Pantauan Telisik.id di lokasi, tepatnya di Nanga-Nanga, Baruga, Maruli Simanjuntak ditemani oleh Forkopimda Sultra, Pangdam XIV/Hsn, Danrem Satjar Dam XIV/Hsn, dan pejabat lainnya.

Kunjungannya dimulai dengan meninjau ternak sapi dan dilanjutkan dengan penebaran benih bibit ikan nila dan lele di bioflok. Kegiatan tersebut berlangsung meskipun tengah turun hujan deras.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket KFC Jetliner Bulan Mei Rute Kendari-Raha-Wanci

Selain itu, dilakukan penanaman perdana bibit jagung dan kegiatan serentak lainnya, termasuk pelepasan burung dan penanaman pohon buah.

Program ini menunjukkan komitmen untuk meningkatkan ketahanan pangan yang telah dimulai sejak tahun 2019, dengan harapan dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Menurut Maruli Simanjuntak, program serupa telah dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kota Kendari. Program ini mengoptimalkan lahan seluas 25 hektar dengan berbagai kegiatan pertanian dan peternakan.

Kerja sama lintas sektor, antara TNI-Polri, pemerintah daerah, Kadin, dan Bank Indonesia menjadi kunci keberhasilan program ini. Hal tersebut menciptakan sinergi yang kuat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ketahanan pangan.

Maruli Simanjuntak juga mengajak masyarakat untuk mengembangkan empat sektor unggulan perekonomian, yaitu pertanian, kehutanan, perikanan, dan peternakan. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam memperkuat perekonomian lokal di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Ini Agenda Kasad Maruli Simanjuntak di Sulawesi Tenggara

Sambil berupaya meningkatkan ketahanan pangan, Maruli Simanjuntak juga mengingatkan akan ancaman bencana alam. Di tengah-tengah upaya tersebut, ia mengimbau masyarakat untuk tidak menebang pohon secara sembarangan dan mencintai alam.

Maruli Simanjuntak menekankan perlunya koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menghadapi bencana dengan langkah-langkah yang terencana dan terukur. Keselamatan dan kelestarian alam menjadi prioritas dalam menghadapi tantangan bencana yang mungkin terjadi.

Langkah-langkah preventif dan responsif menjadi kunci dalam meminimalisir dampak bencana serta melindungi kehidupan dan aset masyarakat.

Masyarakat diharapkan dapat menjadi mitra dalam upaya ini, dengan menjaga lingkungan dan bersiap menghadapi bencana dengan bijaksana dan tanggap. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga