Bapenda Gandeng BI dan Bank Sultra Wujudkan Visi Pemkot Kendari

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 30 November 2021
0 dilihat
Bapenda Gandeng BI dan Bank Sultra Wujudkan Visi Pemkot Kendari
Foto bersama pada launching layanan pajak digital dan pasar rakyat digital tahap II Kota Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Layanan pajak digital dan pasar rakyat digital tahap II Kota Kendari resmi dilounching. Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari, Bank Indonesia (BI) Sultra dan Bank Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Layanan pajak digital dan pasar rakyat digital tahap II Kota Kendari resmi dilounching, Selasa (30/11/2021).

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari, Bank Indonesia (BI) Sultra dan Bank Sultra.

Kepala Bapenda Kota Kendari, Sri Yusnita mengungkapkan, program tersebut sesuai visi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, yaitu menjadikan Kota Kendari sebagai kota layak huni, berbasis ekologi serta informasi dan teknologi.

Selain itu, juga sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Serta keputusan Presiden nomor 3 tahun 2021 tentang satuan tugas percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (P2DD)," katanya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, proses digitalisasi layanan Pemerintah Kota Kendari, khususnya bidang perpajakan sudah semakin berkembang.

"Itu kami rasakan betul dan mudah-mudahan juga dirasakan oleh seluruh masyarakat Kota Kendari," ucapnya.

Dengan hadirnya layanan pajak digital, pelaksanaan pasar digital di Kota Kendari tentu memberikan dampak pada aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat.

Launching layanan pajak digital dan pasar rakyat digital ini, diindikasikan untuk memastikan seluruh potensi dan sumberdaya yang ada di Kota Kendari bisa digalih secara optimal.

"Karena seringkali kita punya potensi yang cukup besar, hanya karena kemampuan dan kapasitas yang belum kita maksimalkan, sehingga potensi tersebut belum bisa tergalih dengan baik," jelasnya.

Baca Juga: Anggota Korpri Sering Jadi Korban Pilkada, Turun Jabatan hingga Non Job

Sementara itu, Plt. Kepala Perwakilan BI Sultra, Taufik Ariesta Ardhiawan mengatakan, Kota Kendari merupakan daerah pertama di Sultra yang membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Olehnya itu, pihaknya bersama Pemkot Kendari akan terus mendorong dan mensupport inovasi, kolaborasi dengan pemerintah untuk digitalisasi maupun program-program pembangunan lainnya.

"Yang bisa mendorong kesejahteraan masyarakat Sultra," tutupnya.

Direktur Pemasaran Bank Sultra, Hayati Hasan mengatakan, sinergi dan kerjasama yang baik menjadi kunci meningkatkan efektivitas kerja.

"Sehingga penerimaan daerah lebih optimal dan dapat mendukung perekonomian, khususnya di Kota Kendari," katanya.

Baca Juga: Gegara Lurah Kesayangannya Diganti, Warga Talia Ngamuk di Rujab Wali Kota Kendari

Hayati Hasan mengungkapkan, sampai saat ini Bank Sultra telah menyediakan 134 mesin ATM yang tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di Sultra.

Bank Sultra selaku bank daerah senantiasa berkomitmen untuk mengoptimalkan peran serta kontribusi dan berbagai layanan dikembangkan untuk mendukung program kerja pemerintah daerah. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga