Partai Demokrat Minta Restu Kepala Daerah di Sultra Tambah Kursi Legislatif

Sumarlin, telisik indonesia
Minggu, 13 Februari 2022
0 dilihat
Partai Demokrat Minta Restu Kepala Daerah di Sultra Tambah Kursi Legislatif
Ketua DPD Demokrat Sultra Muhammad Endang SA berpidato pada pembukaan Muscab serentak Partai Demokrat se-Sultra. Foto: Sumarlin/Telisik

" Saat ini partai Demokrat Sultra memiliki 42 kursi di DPRD kabupaten/kota, lima di DPRD Sultra dan satu di DPR RI "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketua DPD Partai Demokrat Sultra Muhammad Endang SA, meminta restu para kepala daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menambah jumlah kursinya di legislatif.

Saat ini partai Demokrat Sultra memiliki 42 kursi di DPRD kabupaten/kota, lima di DPRD Sultra dan satu di DPR RI. Untuk 42 kursi legislatif berada di 15 kabupaten/kota.

Dia mengakui kursi yang diraih para anggota legislatif itu atas pilihan rakyat, perjuangan keras para kader maupun struktur partai, tetapi tidak akan bisa ada tanpa restu dan perkenan dari para kepala daerah di kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

"Tentu harapan kami ke depan kalau tadinya, mohon izin Pak Haliana, di Wakatobi tadinya dua kursi mudah-mudahan di 2024 atas pekenan supporting dari Pak Haliana bisa naik empat kursi sedikit di bawah PDIP," ungkap Endang dalam pembukaan Muscab serentak Partai Demokrat se-Sultra, di salah satu hotel di Kendari, Minggu (13/2/2022).

Selain itu, di Kabupaten Kolaka Utara, dari delapan kursi, atas dukungan Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar, bisa bertambah hingga 11 kursi, begitu juga di Kota Kendari, Muna Barat, Konawe Kepulauan serta Buton Utara.

Baca Juga: Banyak Terima Keluhan Masyarakat, Endang Minta Kembali Pilih Demokrat di 2024

Menurut Endang, selain menguasai legislatif, partai politik juga punya tekad untuk merebut kepala daerah, karena dengan amanah rakyat tersebut bisa merealisasikan ide, visi, misi serta platform partai.

Baca Juga: Kantongi 13 Dukungan PAC, AJB Berpeluang Pimpin DPC Demokrat Muna

Sementara itu, Bupati Kolaka Utara Nur Rahmat Umar mengaku, sebagai kader Partai Demokrat, dia akan berupaya untuk mendudukkan kader Demokrat dalam legislatif mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga DPR RI.

"Kolaka Utara bisa mengubah dari tiga menjadi delapan kursi di Kolaka Utara, ini semua atas kerja sama dan bimbingan dari DPP, DPD dan DPC beserta pengurus lainnya yang telah memberikan motivasi," ungkapnya.

Selain Kolaka Utara, Bupati Konawe Kepulauan juga merupakan kader Partai Demokrat. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga