PBB Kutuk Upaya Pembunuhan Terhadap Perdana Menteri Irak

Marwan Azis, telisik indonesia
Selasa, 09 November 2021
0 dilihat
PBB Kutuk Upaya Pembunuhan Terhadap Perdana Menteri Irak
PM Irak Mustafa Al-Kadhimi. Foto: Repro AFP

" Dalam sebuah pernyataan pers seperti dilansir VOA, 15 anggota dewan mengatakan bahwa mereka “mengutuk dengan keras” serangan yang terjadi pada akhir pekan itu "

NEW YORK, TELISIK.ID - Dewan Keamanan PBB mengecam keras upaya pembunuhan terhadap Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhemi.

Dalam sebuah pernyataan pers seperti dilansir VOA, 15 anggota dewan mengatakan bahwa mereka “mengutuk dengan keras” serangan yang terjadi pada akhir pekan itu.

“Anggota Dewan Keamanan menggarisbawahi perlunya meminta pertanggungjawaban pelaku, pengatur, penyandang dana, dan sponsor dari aksi terorisme tercela ini dan membawa mereka ke pengadilan,” tulis pernyataan tersebut, Selasa (9/11/2021).

Dewan Keamanan juga meminta semua negara untuk “bekerja sama secara aktif dengan pemerintah Irak dan semua otoritas terkait lainnya.”

Baca Juga: Puluhan Anggota Taliban Diangkat Jadi Gubernur dan Komandan Polisi

Baca Juga: Kim Jong Un Adakan Lomba Tembak Meriam di Perbatasan Korsel

Kadhemi tidak terluka dalam serangan yang dilakukan oleh tiga pesawat tak berawak itu, di mana dua pesawat di antaranya berhasil dicegat.

Menurut keterangan pihak berwenang Irak seperti dikutip Reuters, dua pengawal Kadhemi mengalami luka-luka dalam insiden tersebut.

Serangan itu terjadi dua hari setelah pasukan keamanan Irak mengalami bentrok dengan pendukung partai-partai yang didukung oleh Iran yang kehilangan dukungan dalam pemilihan umum yang berlangsung baru-baru ini, meskipun Assaib Ahl al-Haq, yang merupakan salah satu ketua dari kelompok utama pro-Iran, menyerukan agar para pelaku serangan terhadap Kadhemi segera diadili. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga