PDAM Muna Survei Calon Penerima Sambungan Air Bersih di Lima Desa

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 08 Oktober 2021
0 dilihat
PDAM Muna Survei Calon Penerima Sambungan Air Bersih di Lima Desa
Pegawai PDAM Muna melakukan penyambungan air bersih. Foto: Sunaryo/Telisik

" Survei akan mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan disesuaikan dengan pagu anggaran yang disiapkan desa. "

MUNA, TELISIK.ID - Perusahaan Daerah Air Minun (PDAM) Kabupaten Muna mulai melakukan verifikasi terhadap masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) calon penerima manfaat penyambungan air bersih di lima desa di wilayah Kecamata Kontunaga dan Lohia yang akan dibiayai menggunakan Dana Desa (DD).

Direktur PDAM Muna, Muhamad Nurhayat Fariki menerangkan, nama-nama yang disurvei itu berdasarkan yang disetor oleh para Pj Kepala Desa. Survei akan mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan disesuaikan dengan pagu anggaran yang disiapkan desa.

"Kriterianya kita akan lihat nilai kalayakan huni dan listriknya harus di bawah 1.300 watt," sebutnya.

Baca juga: Pasar Wakuru, 11 Tahun Tak Tersentuh Perbaikan

Baca juga: Kajari Buton Gelar Vaksinasi Berhadiah Motor

Setelah proses verifikasi, akan dilanjutkan dengan penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU)  dengan desa terkait pengelolaannya.

"Prinsipnya kami hanya memfasilitasi penyambungan dan menetapkan iuran. Untuk pengelolaannya diserahkan di desa," terangnya.

Pria yang akrab disapa Yayat itu mengaku, sebernarnya ada 12 desa yang akan menjalin kerja sama. Namun sampai saat ini baru lima desa yakni, Mabodho, Masalili, Kontunaga, Waara dan Kondongia yang nama-nama calon penerima manfaatnya telah diserahkan.

"Kita tidak mau menunggu lama, apalagi ini perintah Pak Bupati. Kita akan secepatnya mengaliri rumah warga di lima desa itu dulu. Desa yang lain itu urusan mereka," ungkapnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga