PDIP Jatim Respon Usulan Megawati jadi Pahlawan Nasional

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 21 Oktober 2020
0 dilihat
PDIP Jatim Respon Usulan Megawati jadi Pahlawan Nasional
Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik.

" Megawati adalah ketua partai yang sah saat itu dan digulingkan dengan tak sah dengan Kudatuli. Peristiwa Kudatuli merupakan puncak dari bergeraknya reformasi di Indonesia dan diikuti tembakan mahasiswa. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ketua DPD PDIP Jawa Timur (Jatim), Kusnadi mengatakan, pihaknya merasa bangga adanya usulan agar Ketua Umum PDIP, Megawati menjadi Pahlawan Nasional.

“Megawati adalah ketua partai yang sah saat itu dan digulingkan dengan tak sah dengan Kudatuli. Peristiwa Kudatuli merupakan puncak dari bergeraknya reformasi di Indonesia dan diikuti tembakan mahasiswa,” jelas pria kelahiran Medan ini saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (21/10/2020).

Diungkapkan oleh Kusnadi, dengan adanya peristiwa Kudatuli (Kerusuhan 27 Juli) pada 1996 tersebut berimbas dengan aksi mahasiswa hingga tumbangnya rezim orde baru.

”Ini sejarah yang membuktikan bahwa tanpa ada Megawati Soekarnoputri reformasi tidak akan terjadi di Indonesia,” jelas mantan Dosen PTS di Surabaya ini.

Diungkapkan oleh Kusnadi, ada sejarah lain yang kemudian dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri di Indonesia ketika menjadi presiden RI.

“Saat menjadi presiden RI, Bu Megawati yang saat itu menjadi Ketum PDIP, di mana menjadi presiden pertama di Indonesia melaksanakan Pemilu langsung dipilih rakyat. Ini torehan sejarah yang dilakukan oleh Megawati,” sambungnya.

Baca juga: Dekan FIB UHO Direkomendasikan ke KASN

Kedudukan Megawati sebagai negarawan bangsa, kata Kusnadi, juga mendapat perhatian dari internasional.

“Beliau juga mendapat perhatian dari internasional dengan adanya penghargaan internasional atas keberhasilannya dan adanya gelar honorus causa dari luar negeri. Inilah yang membuat bangga sebagai kader PDIP dan beliau layak menjadi pahlawan nasional,” jelasnya.

Atas fakta-fakta tersebut, kata Kusnadi, pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mengusulkan Megawati Soekarnoputri sebagai pahlawan nasional.

Sebelumnya, DPP Jam’iyah Batak Muslim Indonesia atau JBMI mengusulkan Megawati Soekarnoputri sebagai pahlawan nasional. Salah satu dasarnya adalah keberaniannya melawan Orba hingga akhirnya berhasil menumbangkannya.

Selain Megawati Soekarnoputri, JBMI juga mengusulkan tokoh Batak Muslim, Tuan Syekh Ibrahim Sitompul juga sebagai pahlawan nasional. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga