Peduli Kebutuhan Nelayan, Golkar Manggarai Bantu Pukat Nelayan di Reok NTT

Berto Davids, telisik indonesia
Sabtu, 12 Februari 2022
0 dilihat
Peduli Kebutuhan Nelayan, Golkar Manggarai Bantu Pukat Nelayan di Reok NTT
Golkar Manggarai saat memberikan bantuan pukat. Foto: Alur.id

" Peduli dengan kebutuhan nelayan itu, Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Manggarai akhirnya menyumbang satu unit pukat dengan panjang kurang lebih 100 meter "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Sebagian besar masyarakat di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) berprofesi sebagai nelayan, terutama yang berada di empat kelurahan, yakni Kelurahan Baru, Wangkung, Reo dan Kelurahan Mata Air.

Namun, alat kerja untuk menunjang profesi nelayan ini rupanya belum cukup. Bahkan ada nelayan yang sama sekali belum mempunyai alat seperti pukat.

Pukat ini menjadi suatu kebutuhan vital bagi para nelayan untuk mencari ikan sebelum nantinya dipasarkan.

Peduli dengan kebutuhan nelayan itu, Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Manggarai akhirnya menyumbang satu unit pukat dengan panjang kurang lebih 100 meter.

Bantuan pukat tersebut diserahkan langsung oleh kader Golkar Kabupaten Manggarai, Marselinus Pan dan diterima langsung oleh Hendrikus Jehadut selaku keterwakilan masyarakat Kecamatan Reok.

Kepada wartawan, Marselinus Pan mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Golkar terhadap kebutuhan para nelayan di Kecamatan Reok.

"Kami menjawab kebutuhan nelayan secara serius. Karena itu Golkar peduli terhadap apa yang belum dimiliki nelayan untuk menunjang profesinya," ujar pria yang digadang-gadang bakal memperkuat Golkar Manggarai di Pileg 2024 mendatang, Sabtu (12/2/2022).

Ia juga mengaku, masyarakat sangat antusias terhadap bantuan ini, sehingga Golkar pun merasa puas dengan apa yang mereka miliki sekarang.

Menurutnya, selain rasa peduli, tujuan Golkar memberi bantuan ini untuk membantu ekonomi masyarakat setempat terutama yang berprofesi sebagai nelayan.

"Kami tidak bisa memberi mereka materi uang untuk menunjang ekonomi. Tetapi kami hanya memberi mereka alat penunjang nelayan sehingga mereka pun bisa lancar bekerja untuk menghasilkan uang," ungkap Marsel.

Baca Juga: Tiga Anggota DPRD Muna Berebut Ketua DPC Demokrat

Lebih lanjut advokat Peradi ini menegaskan, bantuan tersebut murni atas dasar kepedulian, bukan karena iming-iming politik. Sehingga ia pun berharap bantuan tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

"Pukat ini diberikan sesuai keluhan, bukan karena politik. Pada prinsipnya Golkar peduli dan ingin membantu masyarakat," tandas pria kelahiran 1976 ini.

Ia juga menyampaikan, pukat bantuan ini akan disimpan di Sekretariat Golkar Kecamatan Reok yang nanti kemudian akan dipakai bersama oleh masyarakat.

Senada dengan Marsel, salah satu kader Golkar, Yohanes Nembo juga mengatakan hal serupa.

Ia mengatakan, mendapat bantuan pukat ini tidak cukup rumit. Begitu masyarakat mengeluh Golkar langsung meresponnya.

Baca Juga: Golkar Manggarai Sentil Nama Marsel Pan di Pileg 2024

"Kami memang betul-betul peduli, karena jika melihat masyarakat Kecamatan Reok khususnya yang ada di Kelurahan Baru masih ada yang tinggal kosong. Saya pikir dengan pukat ini mereka juga tergerak untuk bekerja. Ada juga sebagian yang berprofesi di bidang pertukangan. Nah itu juga harus dikembangkan kedepan," katanya.

Pukat ini, kata Dia, akan dipakai bersama, bukan untuk kepentingan pribadi. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Kardin

Baca Juga