Pegiat Pariwisata Buton Selatan Dukung Hugua Maju di Pilgub Sulawesi Tenggara 2024

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 13 April 2024
0 dilihat
Pegiat Pariwisata Buton Selatan Dukung Hugua Maju di Pilgub Sulawesi Tenggara 2024
Pegiat pariwisata Buton Selatan dukung Hugua menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara 2024. Foto: Ist.

" Pegiat pariwisata Buton Selatan mendukung Hugua untuk menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara 2024. Melalui sosok Hugua, mereka berharap pariwisata di Buton Selatan berjaya seperti Wakatobi "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Pegiat pariwisata Buton Selatan menyatakan sikap mendukung Hugua untuk menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara 2024. Melalui sosok Hugua, mereka berharap pariwisata di Buton Selatan berjaya seperti Wakatobi.

"Kami mendukung Pak Hugua karena yakin di tangan beliau pariwisata Buton Selatan akan berjaya seperti di Wakatobi," kata Ali Nimad, Koordinator Pegiat Pariwisata Buton Selatan, Sabtu (13/04/2024).

Menurutnya, pariwisata menumbuhkan ekonomi masyarakat lokal. Jika dalam sehari ada pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lain (wisata), maka dipastikan ada perputaran ekonomi di tempat yang dituju.

“Karena bisa dibayangkan ketika satu orang itu melakukan perjalanan wisata tentu yang hidup itu sektornya banyak sekali, dari transportasi, rumah makan, toko oleh-oleh, sampai warung kecil dan sebagainya,” sambungnya.

Selain itu, lanjut Ali Nimad, mendukung Hugua bukan hanya karena ia berhasil membangun pariwisata Wakatobi, lebih dari itu Hugua sudah hadir lebih dari 30 tahun lalu membangun ekonomi masyarakat Buton Selatan.

Baca Juga: Dukung di Pilgub 2024, Jaga Sultra Kolaka Utara Sebut Hugua Pemimpin Visioner

"Dari tutur orang tua saya, juga ingatan saya bahwa sejak tahun 1991 Pak Hugua membawa program bantuan air bersih dan sanitasi desa, ada juga program pelatihan dukun bayi desa, program pangan dan gizi, program peningkatan ekonomi desa sampai pengembangan koperasi," katanya.

Semua program itu, kata Ali Nimad, anggarannya oleh Pak Hugua dibawa dari luar negeri, mulai dari lembaga donor dari Jerman, Amerika Serikat, Australia sampai New Zealand.

Baca Juga: Dinilai Berhasil Bangun Wakatobi, Tokoh Papua Selatan Dukung Hugua Jadi Gubernur Sulawesi Tenggara

"Bantuan Pak Hugua di Buton Selatan ini memang kompleks dan beliau saat menjadi aktivis LSM dulu hobi membawa kekayaan luar negeri untuk kepentingan masyarakat Sulawesi Tenggara," tambahnya.

Menurutnya, contoh yang menarik dari bantuan itu adalah program pengembangan koperasi di Desa Pogalampa, Kecamatan Batauga, dengan bantuan dana dari LSM Sintesa milik Hugua sebanyak Rp 1,5 juta, itu sekitar 30 tahun lalu, sekarang telah mencapai omzet sekitar Rp 2 miliar dan masih bergulir membantu kredit bagi 99 persen ibu-ibu rumah tangga.

"Kita butuh pola-pola pemberdayaan masyarakat seperti ini, secara mandiri dapat bergulir di tengah-tengah masyarakat. Sebaiknya ke depan pemerintah lebih memberikan kail dan umpannya sehingga masyarakat dapat melipatgandakan sesuai selera masing-masing," tutupnya. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga