Pelaku UMKM Keluhkan Tak Banyak Pendapatan di Momen HUT Sulawesi Tenggara

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 30 April 2024
0 dilihat
Pelaku UMKM Keluhkan Tak Banyak Pendapatan di Momen HUT Sulawesi Tenggara
Para pedagang yang mendirikan stand di MTQ Kendari mengaku kesepian pembeli dan omset berkurang. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Sejumlah pelaku UMKM yang turut serta meramaikan HUT ke-60 Sulawesi Tenggara, mengaku momen Halo Sultra kali ini tidak seramai biasanya. Hal itu menyebabkan pendapatan mereka pun berkurang "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah pelaku UMKM yang turut serta meramaikan HUT ke-60 Sulawesi Tenggara, mengaku momen Halo Sultra kali ini tidak seramai biasanya. Hal itu menyebabkan pendapatan mereka pun berkurang.

Diketahui, momen HUT ke-60 Sulawesi Tenggara kali ini melibatkan UMKM Kota Kendari yang menjajakan dagangannya dengan mendirikan tenda-tenda khusus penjualan, di lapangan eks MTQ Kendari.

Para pedagang menyediakan jajanan ringan, camilan-amilan dan minuman yang berkunjung di MTQ Kendari kerayakan HUT Sultra.

Baca Juga: Momen Bahagia Pelantikan Penyuluh KB PPPK BKKBN Sultra

Beberapa pedagang mengeluh, meski banyak orang yang datang untuk meramaikan HUT Sultra, namun di tahun ini penghasilannya anjlok.

Salah seorang pedagang, Muli (45) mengaku bersyukur di Momen HUT Sultra dirinya, dilibatkan karena membantu perekonomian keluarga namun pendapatan berkurang.

"Omzet sekarang agak turun mungkin faktor cuaca, agak sepi dan kurang tidak sesuai dengan ekspektasi. Banyak orang tapi kurang yang belanja," kata Muli.

Ia mengatakan melalui kelompok UMKM pihaknya dilibatkan untuk mengisi tenda-tenda kuliner. Ia berharap agar setiap ada kegiatan pemerintahan, UMKM lebih dilibatkan lagi.

Sementara pedagang lainnya, Adinda (24) melihat keterlibatan UMKM di setiap kegiatan sangat bagus, karena dapat mengembangkan produk lokal UMKM Kota Kendari.

"Tapi begitu mi biasanya kebanjiran pembeli, paling sepi tahun ini orangnya kurang. Kayanya dari pemberitahuannya kurang juga sehingga tidak terlalu banyak orang," kata Adinda.

Baca Juga: Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Lantik Ratusan Penyuluh KB PPPK

Namun demikian, ia berharap keberadaan UMKM dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah seorang pembeli, Andri mengatakan di momen HUT Sultra semakin maju dan berkembang, apalagi dengan ide-ide memberdayakan para pedagang kecil.

"Tentu ini sangat bagus karena saat ini banyak masyarakat Kota Kendari yang mulai melakukan bisnis sehingga support dan dukungan itu sangat penting untuk mereka," kata Andri. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Baca Juga