Pelayanan Air Bersih Buruk, PDAM Kendari: Mesin Pompa Sudah Tua

Wa Ode Umratul Khazanah, telisik indonesia
Rabu, 26 Januari 2022
0 dilihat
Pelayanan Air Bersih Buruk, PDAM Kendari: Mesin Pompa Sudah Tua
Suasana kantor PDAM Tirta Anoa Kendari. Foto: Umratul Khazanah/Telisik

" Buruknya pelayanan air bersih oleh PDAM Tirta Anoa Kendari seolah sudah menjadi cerita lama yang tak kunjung usai "

KENDARI, TELISIK. ID - Permasalahan buruknya pelayanan air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari seolah sudah menjadi cerita lama yang tak kunjung usai.

Permasalahan ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, namun tak pernah ada penyelesaian. Sampai hari ini masyarakat masih mengeluhkan buruknya pelayanan PDAM Tirta Anoa. Pasalnya, penarikan tagihan air dinilai lancar namun aliran air tak pernah selancar tagihannya.

Keluhan ini salah satunya diungkapkan oleh Ardin Abas, masyarakat Kelurahan Morumba, Kecamatan Mandonga. Ardin mengatakan, aliran air PDAM sejak beberapa tahun terakhir tak pernah lancar.

"Tidak pernah stabil, kadang dua minggu tidak mengalir, bahkan pernah berbulan-bulan tidak mengalir," kata Ardin, Rabu (26/01/22).

Tak hanya soal aliran air yang tak pernah stabil, masyarakat juga banyak mengeluhkan terkait kualitas air bersih yang dinilai jauh dari standar keberhasilan dan kesehatan. Kualitas air PDAM dinilai sangat kotor dan berlumpur hingga berwarna kehitaman.

"Bukan cuma macet alirannya, tapi juga kualitas airnya yang kotor dan berlumpur," tambah Ardin.

Baca Juga: Pemprov Sultra Raih Penghargaan Kategori Daerah Setoran Pajak Terbesar

Senada, Rezki Ekaswati pun mengungkapkan keluhannya. Rezki mengaku dirinya harus membeli air tandon untuk mencukupi kebutuhan airnya. Rezki harus mengeluarkan bajet Rp 50.000 untuk membeli 1 tandon air berukuran 1200 liter.

"Ya mau diapa, terpaksa kita beli air tandon," ungkapnya.

Kondisi pelayanan air bersih PDAM yang buruk ternyata membawa untung bagi sejumlah pengusaha air bersih, salah satunya Ridwan.

Ridwan mengatakan, saat aliran PDAM terganggu, dirinya bisa mengantarkan pesanan air bersih hingga puluhan tandon perhari.

Sementara itu, Pihak PDAM Tirta Anoa yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Abdul Rasyid mengungkapkan, apa yang menjadi penyebab sering macetnya aliran air bersih PDAM.

 Baca Juga: Berikut Jadwal Ferry Kendari-Langara Januari 2022

Dirinya mengatakan, hal ini disebabkan oleh performa mesin pemompa yang kian memburuk termakan usia. Sejak tahun 1983, kata Abdul mesin pemompa air tak pernah diperbaharui.

Untuk permasalahan ini, pihak PDAM mengangatakan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Kendari, untuk pembaharuan mesin pemompa. Tak tanggung-tanggung, dana sebesar 10 miliyar akan dikucurkan untuk pembaruan mesin pemompa.

"Insya Allah, bulan Maret ini akan ada bantuan dari Pemkot untuk pengadaan mesin sebesar 10 miliyar," pungkasnya. (A)

Reporter: Wa Ode Umratul Khazanah

Editor: Kardin

Baca Juga