Pelayanan Baik, BPN Muna Diminta Genjot Program Gratis

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 23 April 2021
0 dilihat
Pelayanan Baik, BPN Muna Diminta Genjot Program Gratis
Kakanwil BPN Sultra, Iljas Tedjo Prijono (tengah) bersama Kepala Kantor BPN Muna, Rajamudin dan Wabup Muna, Abdul Malik Ditu. Foto: Sunaryo/Telisik

" Programnya sementara berjalan. Kita berharap BPN Muna menggenjotnya. "

MUNA, TELISIK.ID - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara, Iljas Tedjo Prijono melakukan monitoring dan evaluasi kinerja pelayanan terhadap Kantor BPN di kabupaten.

Di Kantor BPN Muna, Iljas menilai pelayanan yang diberikan sangat memuaskan dan baik. Karenanya, ia berharap pelayanan prima pada masyarakat harus terus digenjot.

"Pelayanan di Muna sudah di atas 50 persen. Insya Allah bulan Agustus target sudah tuntas," kata Iljas, Jumat (23/4/2021).  

Untuk di Muna sendiri, tahun ini ada tiga program gratis dari BPN. Adalah 3.000 pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), 4.000 redistribusi tanah dan sertifikat mandiri.

Baca juga: Terungkap, Penyebab Kebakaran di Toko Pecah Belah Konawe

"Programnya sementara berjalan. Kita berharap BPN Muna menggenjotnya," ujarnya.

BPN sendiri mulai tahun ini telah memberlakukan pelayanan secara elektronik. Artinya, masyarakat yang ingin mengurus surat-surat tanahnya, tidak harus lagi datang ke Kantor BPN. Cukup mengunduh aplikasi BPN.

"Pelayanan elektronik sudah dimulai. Kita target 2024-2025, semuanya tidak lagi dilakukan secara manual. Saat ini masih mempersiapkan kualitas data pertanahan," terangnya. 

Ia juga manyampaikan apresiasi pada Pemkab Muna yang telah memberi dukungan penuh terhadap kerja-kerja BPN.

Sementara itu, Wakil Bupati Muna, Abdul Malik Ditu mengatakan, mendukung penuh program yang dicanangkan BPN. Sebab, ia menyadari, bila persoalan tanah tidak dituntaskan dengan baik, maka akan mengganggu jalannya pembangunan di daerah. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga