Peluang Usaha Dadakan yang Bikin Kantong Tebal Jelang Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 20 Mei 2020
0 dilihat
Peluang Usaha Dadakan yang Bikin Kantong Tebal Jelang Lebaran
Salah satu usaha sendal dan sepatu di Pasar Sentral Kota Lama. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Peluang Usaha Dadakan yang Bikin Kantong Tebal Jelang Lebaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Sudah menjadi kebiasaan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri, adalah berburu berbagai kebutuhan dan keinginan yang akan dipakai saat lebaran.

Kondisi tersebut menjadi peluang bagi sejumlah orang untuk membuka usaha dadakan yang biasanya berwujud usaha rumahan.

Bisnis musiman Lebaran itu antara lain mulai dari kuliner, barang, maupun jasa. Berikut pantauan telisik.id sejumlah usaha yang hadir menjelang Idul Fitri.

1. Usaha Kue Kering

Usaha kue lebaran ini lebih banyak dilakukan oleh ibu-ibu, yang memang banyak menghabiskan waktu di dapur.

Usaha musiman ini mereka lakukan seminggu sebelum lebaran, khususnya kue kue kering yang akan disajikan saat mereka mengadakan open house.

Baca juga: Bupati Konawe Beda Pendapat dengan Kemenag tentang Salat Idul Fitri

2. Usaha Busana Muslim

Saat Bulan Ramadan akan kita temukan berbagai perubahan dalam berpakaian masyarakat Indonesia. Banyak orang yang berpakaian cenderung tertutup, tidak lagi seperti biasanya yang lebih membuka aurat.

Olehnya itu, perubahan ini menjadi momen tersendiri bagi orang yang berjiwa wiraswasta dengan menggelar usaha busana muslim.

Bahkan usaha ini bukan hanya laris saat menjelang lebaran saja, tetapi saat awal Bulan Ramadan pun usaha tersebut sudah menjamur.

Baca juga: Usulan Anggaran Pemkot Kendari Berkurang Jadi Rp 51,3 Miliar Tangani Corona

3. Membuka Bisnis Rental atau Sewa Kendaraan

Hari libur lebaran menjadi momen bagi masyarakat untuk bersama keluarga. Sehingga ajang silaturahmi pun kerap dilakukan, dan biasanya ini dilakukan hingga tiga hari pasca lebaran.

Apalagi di kota besar, yang seringkali orang yang mudik kehabisan tiket, sehingga kesulitan untuk mencari kendaraan untuk pulang kampung, sebab terkadang tiket kendaraan umum terutama kereta api dan bus seringkali sudah habis diborong orang.

Bagi Anda yang kebetulan memiliki kendaraan pribadi, kondisi ini bisa menjadi celah bisnis dengan membuka bisnis rental kendaraan.

Baca juga: Film Cinta Ibarat Corona Curi Perhatian Anak Muda Sultr

4. Usaha Jualan Sepatu dan Sandal

Tidak lengkap rasanya jika seseorang hanya membeli baju dan celana saja saat menjelang lebaran, akan tetapi sandal dan sepatu pun banyak diminati.

Jika berjalan-jalan ke pasar, penjual sepatu dan sendal ini tidak kalah ramai dibanding penjual baju muslim dan bahkan kuliner sekalipun.

Sehingga peluang untuk membuka bisnis sepatu dan sandal ini cukup menguntungkan, khususnya saat menjelang lebaran.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

TAG:
Baca Juga