Pembangunan Gerbang Kota Kendari Dimulai, Pemkot Siapkan Rp 950 Juta

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 16 Juni 2023
0 dilihat
Pembangunan Gerbang Kota Kendari Dimulai, Pemkot Siapkan Rp 950 Juta
Pj Wali Kota Kendari memimpin proses pembongkaran gerbang batas Kota Kendari di Kecamatan Baruga. Gerbang baru nantinya akan menjadi identitas baru. Foto: Ist.

" Proses pembongkaran gerbang batas kota dilakukan Pemerintah Kota Kendari menggunakan alat berat, dipimpin langsung Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu "

KENDARI, TELISIK. ID - Proses pembongkaran gerbang batas Kota Kendari (Baruga) dan Konawe Selatan (Ranomeeto) untuk direnovasi ulang, dimulai Jumat (16/06/2023). Langkah ini diambil dengan tujuan penting dan strategis, sebagai tanda awal memasuki wilayah Kota Kendari.

Proses pembongkaran dilakukan Pemerintah Kota Kendari menggunakan alat berat, dipimpin langsung Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu.

Pj. Wali Kota Kendari, menjelaskan, renovasi atau pembangunan kembali gerbang perbatasan Kota Kendari dan Konawe Selatan memiliki makna yang signifikan. Gerbang tersebut menjadi identitas baru bagi pemerintah dan masyarakat Kota Kendari, karena berfungsi sebagai penanda pintu masuk yang pertama kali dilihat oleh warga yang memasuki Kota Kendari.

Terkait desain gerbang, Asmawa mengaku, telah ditetapkan melalui sayembara sejak tahun 2022. Pembangunan gerbang akan dilakukan secara bertahap di batas-batas kota lainnya. Dana untuk pembangunan gerbang batas kota telah dialokasikan dalam APBD 2023. Oleh karena itu, proses dimulai pada hari ini dengan tahap pembongkaran.

Baca Juga: Gerbang Batas Kota Kendari-Kabupaten Konawe Selatan Dibongkar

"Ini nantinya menjadi identitas baru sebagai penanda pintu masuk yang menjadi pertama dilihat oleh warga yang memasuki Kota Kendari," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Asmawa sebagai perwakilan Pemerintah Kota Kendari, memohon maaf kepada masyarakat yang melintasi gerbang kota, karena dilakukan  pengalihan arus selama proses pembongkaran dan pembangunan berlangsung.

Baca Juga: Kerlap-Kerlip Batas Kota Kendari di Malam Hari

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Erlis Sadya Kencana menjelaskan, pembongkaran diperkirakan akan selesai dalam waktu 5-6 hari ke depan.

"Anggaran yang telah dialokasikan untuk pembangunan gerbang batas kota ini sekitar Rp 950 juta," ungkapnya.

Menurut estimasi durasi pengerjaan, diperkirakan pembangunan gerbang batas kota akan selesai dalam waktu empat bulan. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga