Pembangunan Perkantoran Muna Barat Ditarget Rampung Tahun Ini

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 23 September 2023
0 dilihat
Pembangunan Perkantoran Muna Barat Ditarget Rampung Tahun Ini
Pj Bupati Muna Barat, Bahri saat ditemui awak media menyebutkan perkantoran Muna Barat rampung di tahun 2023. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Target pembangunan perkantoran Bumi Praja Laworoku selesai tahun 2023, konsep dan desain kantor bupati serta kantor DPRD Muna Barat memakai konsep budaya "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Target pembangunan perkantoran Bumi Praja Laworoku selesai tahun 2023, konsep dan desain kantor bupati serta kantor DPRD Muna Barat memakai konsep budaya.

Sesuai dengan rencana pembangunan daerah, yang mana dalam RKPD tahun 2023 dengan mempedomani RPD tahun 2022 hingga 2026 terkait permasalahan pembangunan, antara lain daya dukung infrastuktur perkantoran di Muna Barat yang belum memadai, hal itu mengakibatkan penilaian kepatuhan pelayanan publik daerah menjadi rendah.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, saat ini program perencanaan kerja tahun 2023 dengan melakukan pembangunan perkantoran yang selama ini belum ada selama 9 tahun mekar menjadi daerah otonom baru, sehingga nantinya pelayanan dasar dapat berjalan dengan baik, dapat meningkatkan fasilitas pelayanan perkantoran, dan meningkatkan SDM.

Baca Juga: Waspada Karhutla, Pemda Muna Barat Bersama Forkopimda Ambil Langkah Mitigasi

Bahri katakan, pembangunan perkantoran yang difokuskan saat ini yaitu kantor bupati, kantor DPRD, rujab bupati dan pimpinan DPRD Muna Barat, masjid agung, serta mall pelayanan publik Muna Barat.

Dalam konteks mall pelayanan publik yang dibangun saat ini, agar dapat menaikan kepatuhan pelayanan publik di Muna Barat menjadi bagus dengan target tahun 2024 mendapat raport hijau, sehingga Muna Barat saat ini berupaya untuk menyatukan satu pelayanan dalam satu kantor.

Kemudian ia menyebut untuk target pembangunan perkantoran Bumi Praja Laworoku yaitu selesai di tahun 2023 ini. Tetapi untuk masjid agung saat ini baru memasuki tahap pertama, pasalnya masjid tersebut membutuhkan anggaran mencapai Rp 75 miliar, sementara saat ini anggaran yang tersedia baru Rp 10 miliar.

Sedangkan untuk kantor bupati terdapat empat gedung besar, sehingga ada satu kantor yang belum selesai dikarenakan adanya pembengkakan anggaran sebab beberapa faktor, salah satunya kenaikan harga materil, tetapi 2024 telah bisa digunakan dan target proses pembangunan di tahun 2023 diperkirakan mencapai 80 persen.

Baca Juga: Waspada Karhutla, Ini 4 Titik Panas di Muna Barat

Bahri menambahkan, untuk konsep filosofis kantor bupati yaitu mengambil konsep rumah adat Muna sesuai dengan visi misi Muna Barat Barakati, kemudian kantor DPRD Muna Barat mengambil konsep benteng tiworo sebagai arti mempertahankan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Saat ini proses pembangunan sementara berjalan, kita bisa melihat sendiri prosesnya seperti apa," ungkap Bahri, Sabtu (23/9/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR, Unding mengatakan, hitungan progres pembangunan pada akhir Agustus 2023 lalu kantor bupati telah memasuki tahap 20 persen, sementara kantor DPRD memasuki tahap 28 persen.

"Sementara untuk rujab bupati telah mencapai 10 persen pembangunan," bebernya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga