adplus-dvertising

Pembangunan Puskesmas Kandai Ditarget Tuntas Maret 2022

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 26 Juli 2021
1316 dilihat
Pembangunan Puskesmas Kandai Ditarget Tuntas Maret 2022
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat penandatanganan MoU dengan PT. SMI terkait persetujuan pinjaman. Foto: Sumarlin/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari menargetkan pembangunan Puskesmas Kandai tuntas bulan Maret tahun 2022. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari menargetkan pembangunan Puskesmas Kandai tuntas bulan Maret tahun 2022.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, Pemerintah Kota Kendari merencanakan pembangunan Puskesmas Kandai dimulai bulan Agustus 2021 dan bisa digunakan bulan Maret tahun 2022.

"Puskesmas Kandai akan segera dibangun, kita target bulan Maret sudah bisa digunakan," ungkapnya beberapa waktu lalu.


Menurut orang nomor satu di Kendari ini, nantinya Puskesmas Kandai akan memiliki bangunan lebih baik dari puskesmas yang ada di Kota Kendari karena anggaran pembangunannya cukup besar dibanding puskesmas lainnya.

Tentang tahapan pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum menjelaskan, saat ini sedang dalam tahap pelelangan proyek.

Berdasarkan perencanaan dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI), pembangunan Puskesmas Kandai akan dimulai bulan Agustus 2021 dan pekerjaan tuntas dan bisa digunakan bulan Maret 2022.

"Kami juga harus tetap hati-hati, sesuai prosedur, sesuai tahapan karena tidak mau nanti di kemudian hari jadi masalah," ujarnya.

Baca juga: Warga Diharap Mau Memilah Sampah Kering dan Basah

Baca juga: Lima Hari PPKM, 360 Warga Kendari Terpapar COVID-19

Dia mengaku, jika pembangunan Puskesmas Kandai tuntas akan memiliki pemandangan yang indah karena lokasinya yang berada di tepi Teluk Kendari.

Pembangunan Puskesmas Kandai dilakukan karena bangunan puskesmas saat ini akan terkena pelebaran jalan Kendari-Toronipa yang sedang dikerjakan Pemda Provinsi Sulawesi Tenggara.

Rencana pembangunan Puskesmas Kandai menggunakan dana pinjaman dari PT SMI sekira Rp 16 miliar.

Sebelumnya, PT SMI telah menyetujui usulan pinjaman Pemerintah Kota Kendari untuk percepatan penanganan COVID-19 program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Persetujuan ditandai dengan penandatanganan kontrak yang dilakukan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dan Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI Sylvi Gani.

Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI Sylvi Gani menjelaskan, pinjaman sebesar Rp 374 miliar itu akan dibayar selama 8 tahun, masa tenggang dua tahun dan bunga 6,19 persen.

"Pinjaman tersebut berdasarkan surat permohonan Pak Wali Kota Kendari dan keuangan yang segera ditindaklanjuti PT SMI dengan mengidentifikasi sektor-sektor prioritas yang diusulkan melalui pinjaman daerah," jelasnya.

Dia menambahkan, pinjaman yang disetujui PT SMI meliputi tiga item kegiatan yaitu pembangunan jalan kembar, Rumah Sakit Tipe C dan pembangunan Puskesmas Kandai. (B-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga