95 TPS di Sulawesi Tenggara Kategori Sulit dan Rawan Cuaca, Ini Daftarnya

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 07 Februari 2024
0 dilihat
95 TPS di Sulawesi Tenggara Kategori Sulit dan Rawan Cuaca, Ini Daftarnya
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto membeberkan daerah-daerah dengan tingkat kerawanan cuaca. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Beberapa daerah masuk kategori sulit dari prespektif geografis dan potensi curah hujan yang di atas normal. Petugas pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) diharapkan siaga "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa daerah masuk kategori sulit dari prespektif geografis dan potensi curah hujan yang di atas normal. Petugas pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) diharapkan siaga.

Hal tersebut diungkapakn Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto. Menurutnya, terdapat 8.154 TPS yang tergelar di 17 kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara yang perlu damankan.

"Berdasarkan penilaian KPU perlu menjadi atensi kita semua bahwa kondisi geografis, karena ada beberapa TPS yang berada jauh dari pulau utama. Sementara berdasarkan prakira cuaca dari BMKG, perlu diingatkan dari potensi curah hujan yang di atas normal, diprediksi akan ada 95 TPS yang berkategori sulit," kata Andap Budhi Revianto.

Baca Juga: Enam Daerah di Sulawesi Tenggara jadi Prioritas Pengamanan Distribusi Logistik Pemilu

Adapaun TPS yang dikategorikan sulit, berada pada 14 kabupaten/kota yakni, Konawe 39 TPS, Buton Tengah 37 TPS, Muna Barat 36 TPS, Muna 21 TPS, Konawe Selatan 14 TPS, Kolaka Utara 13 TPS, Kolaka Timur 12 TPS, Kolaka 10 TPS, Konawe Utara, Buton Selatan, Buton Utara, Konawe Kepulauan masing-masing 7 TPS,  Buton 6 TPS, Wakatobi 2 TPS yang dinilai sulit dari prespektif geografis.

Lebih lanjut, Andap berharap, agar tingkat partisipasi kehadiran pemilih yang tinggi menggambarkan pesta demokrasi berjalan jujur dan adil.

Baca Juga: 5 Pejabat Utama Polda Sulawesi Tenggara Dimutasi

"Memilih tidak terintimidasi, pemilih dapat hadir di TPS dengan kesadarannya bukan karena takut, disitulah hal esensial yang perlu dipahami tugas dilapangan," kata Andap.

Sementara itu, Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril mengatakan, hitungan yang di 95 TPS tersebut, termasuk dengan tingkat kerawanan cuaca.

"Daerah-daerah yang kita jangkau kurang lebih 2 jam dikategorikan bagian dari 3T. Kemudian cuaca menurut data BMKG itu, di daerah Batu Atas untuk wilayah Kabupaten Buton Selatan kemudian Wakatobi," ucap Asril. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga