Pemda Kolaka Utara Siapkan Subsidi Rp 210 Juta Pemasangan Instalasi Air Bersih Keluarga Miskin

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 28 September 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Utara Siapkan Subsidi Rp 210 Juta Pemasangan Instalasi Air Bersih Keluarga Miskin
Pemasangan instalasi air PDAM gratis di salah rumah warga kategori kurang mampu di Kolaka Utara tahun 2018 lalu. Foto: Arsip PDAM Kolaka Utara

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara, tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 210 juta untuk mensubsidi pemasangan instalasi air PDAM pada 200 kepala keluarga (KK) kategori miskin, tersebar di sejumlah titik di Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara, tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 210 juta untuk mensubsidi pemasangan instalasi air PDAM pada 200 kepala keluarga (KK) kategori miskin, tersebar di sejumlah titik di Kolaka Utara.

Sekda Kolaka Utara, Taufiq S selaku Pelaksana tugas (Plt) Direktur PDAM Tirta Tanpanam mengungkapkan, setiap KK miskin mendapat subsidi pemasangan instalasi air PDAM sebesar Rp 1.050.000. Subsidi ini, hanya untuk pemasangan instalasi, sementara iuran bulanan tetap dibebankan ke keluarga penerima manfaat.

"Anggarannya berasal dari Perubahan APBD tahun ini," kata Taufiq, Kamis (28/9/2023).

Agar bantuan subsidi air bersih ini tepat sasaran, lanjutnya, pemerintah daerah bakal bersurat ke PDAM Tirta Tanpanama Kolaka Utara.

Baca Juga: Sebuah Bengkel di Muna Ludes Dilalap Api, Diduga Akibat Ledakan Gas Elpiji

Selanjutnya, pihaknya menerima usulan data KK miskin calon penerima manfaat dari kepala desa setempat. Data ini, kemudian disandingkan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial untuk membuktikan jika yang bersangkutan memang layak dibantu.

"Data tersebut selanjutnya akan kita verifikasi (survei lapangan) oleh PDAM, untuk memastikan KK usulan benar-benar belum terdaftar sebagai pelanggan PDAM," urainya.

Lebih lanjut, mantan Kadis PMD Kolaka Utara itu menyatakan, subsidi air bersih untuk KK miskin merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah agar warga kurang mampu turut menikmati air bersih layaknya masyarakat lainnya.

Hal itu dilakukan juga sebagai respon pemerintah daerah atas masukan beberapa fraksi di DPRD Kolaka Utara yang menghendaki terpenuhinya pasokan air bersih PDAM ke masyarakat.

Baca Juga: Dewan Sesalkan Pemda Muna Hanya Lantik Kades Parigi

Seperti Fraksi PKB yang konsisten menyuarakan peningkatan pelayanan PDAM dalam rangka menyiapkan air bersih di beberapa kecamatan, antara lain Kecamatan Batu Putih, Porehu, Watunohu, Pakue Tengah.

"Kami meminta PDAM meningkatkan pelayanan air bersih di Desa Lelehao, Sapoiha, Watunohu serta pengadaan jaringan air bersih di Desa Majapahit dan Tinuna," pinta Muhammad Syair.

Senada, Ketua Fraksi PPP, Mustamrin Saleh juga menghendaki ditetapkannya Peraturan Daerah tentang Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Tanpanama Kolaka Utara, tidak hanya mampu meningkatkan PAD tapi juga dapat meningkatkan pelayanan.

"Khususnya kualitas air bersih yang disalurkan ke masyarakat Kolaka Utara," pintanya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga