Jembatan Langkumbe Buton Utara Rusak Parah, Sering Makan Korban

Rina Gayatri, telisik indonesia
Selasa, 19 September 2023
0 dilihat
Jembatan Langkumbe Buton Utara Rusak Parah, Sering Makan Korban
Kondisi jembatan kayu Langkumbe yang mengalami kerusakan parah, di Kecamatan Kulisusu Barat, Buton Utara. Foto: Kolase

" Jembatan kayu Langkumbe mengalami kerusakan parah di Desa Lapandewa, Kecamatan Kulisusu Barat, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Jembatan kayu Langkumbe mengalami kerusakan parah di Desa Lapandewa, Kecamatan Kulisusu Barat, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara.

Kerusakan jembatan Langkumbe mendapat respon dari salah seorang warga setempat, Windri mengaku mewakili masyarakat banyak mengeluh tentang kondisi jembatan tersebut.

"Gara-gara papannya rusak, orang yang lewat di jembatan ini banyak juga yang jatuh, apa lagi orang yang mau ke pasar, kemarin saya melihat dua gadis yang tergelincir ban motornya," ucap Windri pada Telisik.id, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga: Pemda Buton Utara Terus Genjot Percepatan Penurunan Stunting

Padahal kata Windri, itu adalah jalan umum yang setiap hari dilewati, bahkan banyak pejabat juga yang melewatinya.

"Banyak penjabat yang lewat di jembatan ini, tapi sayang mereka hanya lalu lalang. Yah karena mobil yang mereka tumpangi tidak merasakan lubang yang ada di jembatan," tambah Windri kesal.

Diketahui masyarakat banyak mengeluh tentang kondisi jembatan tersebut. Selama ini hanya masyarakat setempat yang selalu turun tangan dan kadang dari aparat desa ikut memperbaiki papan yang rusak, tetapi hanya bertahan beberapa bulan saja setelah itu kembali rusak.

Windri mengaku saat ini takut untuk melewati jembatan tersebut dengan kondisi yang rusak parah dan berharap ada perbaikan dari pemerintah daerah setempat, karena sampai saat ini belum ada yang memperbaikinya.

"Saya harap dengan kondisi jembatan seperti ini semoga pihak Pemerintah Daerah Buton Utara sadar dengan kondisi wilayah Kulisusu Barat, dan berinisiatif untuk memperbaiki jembatan yang rusak dengan bahan-bahan yang berkualitas agar tidak cepat rusak," harapnya.

Warga Kulisusu Barat lainnya, Sarwan mengaku, kondisi jembatan Langkumbe makin hari semakin parah kerusakannya.

Baca Juga: Upaya DPPKB Buton Utara Tekan Stunting dengan Mini Lokakarya

"Jadi yang naik motor semakin takut. Setiap yang lewat kadang mereka harus turun dan mendorong motor untuk sampai ke ujung jembatan," bebernya.

Ia juga berharap agar pemda turun tangan memperbaiki jembatan tersebut. "Semoga cepat di perbaiki biar ibu-ibu yang naik motor tidak takut lewat, karena dengan kondisi jembatan yang rusak seperti ini, tidak jarang  ada pengendara yang jatuh," pungkas Sarwan.

Resti warga setempat juga mengaku was-was saat melewati jembatan tersebut. "Saya lewat di jembatan itu kemarin ngeri-ngeri sedap," ucap Resti salah seorang ibu rumah tangga pengguna jembatan Langkumbe.

"Ibu-ibu kasian banyak yang tidak berani lewat, sementara itu sudah jalan menuju pasar. Kemarin juga ada lagi ibu yang jatuh dengan keranjangnya," tutup Resti. (A)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga