Pemerataan Akses Digital, Dinas Kominfo Bombana Dukung Program Tol Langit

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Jumat, 29 Desember 2023
0 dilihat
Pemerataan Akses Digital, Dinas Kominfo Bombana Dukung Program Tol Langit
Kadis Kominfo Bombana, Sofian Baco beserta camat dan kepala desa menghadiri teleconference peresmian BTS 4G. Foto: Melsandy Wauda/Telisik

" Di Bombana telah dibangun 55 tower BTS di 15 kecamatan yang dikerjakan oleh BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) "

BOMBANA, TELISIK.ID - Dalam rangka percepatan transformasi digital di Indonesia khususnya di desa-desa tertinggal, terluar, dan terdepan (3T), Pemda Bombana melalui Dinas Kominfo menghadiri peresmian tower BTS sinyal 4G dan peluncuran Satelit Satria 1 di Desa Lantowua, Kecamatan Rarowatu Utara, Bombana, Kamis (28/12/2023).

Program ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo melalui teleconference dari Desa Bowombaru, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, yang disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Program ini adalah upaya pemerintah pusat untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Di Bombana sendiri telah dibangun 55 tower BTS yang terdapat di 15 kecamatan yang dikerjakan oleh BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi).

“Dengan adanya program percepatan akses informasi ini, diharapkan dapat bermanfaat khususnya bidang pendidikan, pertumbuhan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat Bombana,” tandas Sofian Baco, Kadis Kominfo Bombana.

Baca Juga: Dituding Minta Fee Pengadaan Barang dan Jasa, Begini Kata Kadis Kominfo Bombana

Dalam kesempatan ini, Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa sebanyak 4990 BTS 4G sudah dibangun.

“Mudah-mudahan semester pertama tahun 2024 akan diselesaikan sisanya yang berada di wilayah Papua,” tuturnya.

Baca Juga: Diskominfo Muna Ajar Pelajar SMKS Kasrya Persada Teknik Komputer dan Jaringan

Presiden RI Joko Widodo mengharapkan agar program ini bisa diselesaikan dengan tuntas agar pemerataan percepatan informasi bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hambatan yang masih menjadi kendala dalam pembangunan kiranya dikawal dan diselesaikan dengan baik.

“Kita membangun tol langit agar seluruh lapisan masyarakat memiliki akses yang setara dalam dunia digital,” tutup Presiden RI, Joko Widodo. (B)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga