Pemerintah Diminta Perhatikan Hak Buruh Perempuan yang Belum Terpenuhi

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Rabu, 08 Maret 2023
0 dilihat
Pemerintah Diminta Perhatikan Hak Buruh Perempuan yang Belum Terpenuhi
Massa ketika berdemonstrasi meminta pemerintah agar memperhatikan hak buruh perempuan di Jalan Imam Bonjol Medan. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Aliansi rakyat untuk demokrasi dan perempuan berdemonstrasi di DPRD Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, Medan "

MEDAN, TELISIK.ID - Aliansi rakyat untuk demokrasi dan perempuan berdemonstrasi di DPRD Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, Medan, Rabu (8/3/2023) siang.

Berbagai organisasi di Medan bersatu meminta kepada pemerintah memperhatikan perempuan. Menurut mereka banyak buruh yang mayoritas perempuan, tapi tidak mendapatkan haknya.

"Di hari perempuan sedunia yang jatuh di hari ini. Kami meminta agar pemerintah perhatian hak buruh, terutama yang perempuan. Banyak yang tidak mendapatkan haknya," kata salah satu koordinator lapangan, Johan Merdeka.

Baca Juga: Ini Motif Pelaku Ancam Bunuh Wartawan di Medan

Selain itu, cuti haid tanpa syarat bagi buruh/pekerja perempuan juga menjadi persoalan. Massa juga meminta agar pemerintah mengesahkan Undang-Undang tentang Pekerja Rumah Tangga (PRT).

"Kami minta agar disahkan UU PRT dan setarakan upah untuk buruh atau pekerja perempuan," tegasnya.

Kemudian, mereka juga meminta agar hentikan kekerasan dan pelecehan seksual kepada perempuan.

"Kami akan berjuang untuk demokrasi, kesetaraan dan kesejahteraan," tambahnya.

Selanjutnya, massa juga meminta agar disediakan fasilitas untuk perawatan alat reproduksi perempuan dan 6 jam kerja dalam sehari.

Baca Juga: Terduga Pelaku Tendang dan Ancam Bunuh Jurnalis Medan Ditangkap

"Jadi, perempuan harus mendapatkan haknya sebagai perempuan. Terakhir,  berikan hak politik, ekonomi, sosial sepenuhnya terhadap perempuan," tegasnya.

Terpisah, Kasubbag Humas Sekretariat DPRD Sumatera Utara, Sofian ketika dikonfirmasi mengaku sudah menerima aspirasi dari kelompok massa.

"Jadi, kami sifatnya menerima aspirasi dari massa. Selanjutnya, kami masukkan dalam buku catatan kami untuk diteruskan kepada pimpinan DPRD Sumatera Utara. Sedangkan untuk tindaklanjuti. Pastinya akan kami sampaikan kembali," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga