Pemerintah Saudi Umumkan Pelaksanaan Haji Aman dari COVID-19

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 23 Juli 2021
0 dilihat
Pemerintah Saudi Umumkan Pelaksanaan Haji Aman dari COVID-19
Pelaksanaan ibadah haji di tengah pandemi. Foto: Ist.

" Pembatasan jumlah jamaah domestik selama musim Haji tahun ini juga mendukung keberhasilan tersebut "

RIYADH, TELISIK.ID - Pemerintah  Arab Saudi mengumumkan pelaksanaan musim Haji tahun ini, berjalan lancar dan aman dari virus  Corona, serta penyakit menular lainnya.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah seperti dilansir Saudi Press Agency, Jumat (23/7/2021), mengaitkan keberhasilan tersebut dengan sistem terintergrasi fasilitas kesehatan di tempat-tempat suci, ambulans yang dilengkapi dengan peralatan canggih, dan tim yang berkualitas.

Ia menambahkan, pembatasan jumlah jamaah domestik selama musim Haji tahun ini juga mendukung keberhasilan tersebut.

Untuk tahun kedua berturut-turut, Arab Saudi hanya mengizinkan jamaah dari dalam negeri untuk melaksanakan ibadah haji guna mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

Indonesia pun tahun tak mengirimkan jamaahnya untuk ibadah haji, kecuali warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Arab Saudi.

Baca Juga: Soal Perpanjangan PPKM, Ini Tanggapan Pengemudi Ojol dan Pedagang

Baca Juga: Penyaluran BLT Desa Diprioritaskan Bagi Warga Terdampak COVID-19

Berdasarkan informasi dari KJRI Jenddah, sebanyak 327 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menetap di Arab Saudi mendaftar sebagai calon jamaah dan akan mengikuti ibadah haji 2021.

“Saat ini sudah terdata 327 WNI yang menjadi jamaah haji tahun ini. Mereka adalah WNI yang selama ini sudah menetap di Arab Saudi dan ikut mendaftar sebagai calon jamaah sesuai prosedur yang diberlakukan Saudi,” kata Konsul Haji, KJRI Jeddah Endang Jumali seperti dikutip Antara.

Endang menjelaskan, jamaah yang sudah terdata tersebut terdiri atas unsur diplomat yaitu dari KBRI dan KJRI, Pekerja Migran Indonesia (PMI), serta mahasiswa Indonesia dan sejumlah WNI lainnya yang sudah lama menetap di Saudi. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:

haji

covid-19

Artikel Terkait
Baca Juga