Pemkab Bombana Raih Penghargaan MenPAN RB

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 25 Februari 2020
0 dilihat
Pemkab Bombana Raih Penghargaan MenPAN RB
Bupati Bombana H. Tafdil, didampingi Kepala Bappeda Bombana dan Staf Ahli Bupati Bombana. Foto: Istimewa

" Pada tahun anggaran 2018 lalu, Pemkab Bombana hanya mendapat Nilai CC dengan skor 50,23. Namun berkat kerja keras dalam bimbingan, pada Pelaksanaan SAKIP Award 2019 tahun 2020 ini, Bombana mampu bangkit dan menyabet nilai B dengan skor 62. "

BOMBANA, TELISIK. ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, menyerahkan penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2019 pada Bupati Bombana H. Tafdil setelah Akuntabilitas kinerja Pemkab Bombana mendapat nilai B.

 Kinerja Pemerintah Kabupaten Bombana terus mengalami pembaruan. Hal ini dibuktikan dengan raihan prestasi pada tingkat nasional. Daerah binaan H.Tafdil - Johan Salim kali ini berhasil sabet penghargaan  . dari pemerintah pusat yang diserahkan   dan diterima langsung oleh H. Tafdil, Senin,

Baca Juga : Pemkot Kendari Serahkan Lima Raperda ke DPRD

Penghargaan yang diserahkan, Senin (24/2/2020) di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta tersebut atas keberhasilan Pemkab Bombana dalam tata kelola Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) mulai dari Perencanaan, Penganggaran hingga pelaporan serta pertanggung jawaban penggunaan anggaran. 

Kinerja Pemkab Bombana selama tahun anggaran 2019 lalu dinilai efektif dan efisien melalui sistem SAKIP. 

SAKIP ini merupakan sebuah sistem penilaian akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintahan, dimana  sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Baca Juga : Bocah Pengidap Gizi Buruk di Bombana Butuh Uluran Tangan

Atas prestasi tersebut, bupati dua priode itu diklaim sukses menggenjot kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kearah yang lebih baik. 

“Pada tahun anggaran 2018 lalu, Pemkab Bombana hanya mendapat Nilai CC dengan skor 50,23. Namun berkat kerja keras dalam bimbingan, pada Pelaksanaan SAKIP Award 2019 tahun 2020 ini, Bombana mampu bangkit dan menyabet nilai B dengan skor 62,” ujar Tafdil usai menerima penghargaan.

SAKIP juga ini merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien. Setiap tahun, Kementerian PAN RB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.  

Penghargaan yang baru saja Ia diterima, kata Tafdil merupakan tanggung jawab besar yang harus dipertahankan. Bila perlu, Hadiah diawal tahun 2020 ini harus nejadi motivasi agar bekerja demi mewujudkan Wonua Bombana yang lebi baik lagi.

“Ini adalah tanggungjawab kita agar terus bekerja keras guna mewujudkan Wonua Bombana yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Baca Juga : SPAM Kontunaga Dibangun, Ditarget Tuntas 7 Bulan

Reporter: Hir 
Editor: Sumarlin

Baca Juga