Pemkab Kolaka Utara Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 06 Desember 2022
0 dilihat
Pemkab Kolaka Utara Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi menerima penghargaan dari Menpan-RB, Abdullah Azwar Anas. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah Kolaka Utara berhasil menerima penghargaan inovasi pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah Kolaka Utara berhasil menerima penghargaan inovasi pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh zmenpan-RB, Abdullah Azwar Anas kepada Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi, di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Atas penghargaan itu, Parinringi memberikan apresiasi kepada OPD terkait atas inovasi yang telah dilakukan, sehingga Kolaka Utara berhasil meraih penghargaan ketegori Top 45 inovasi pelayanan publik tahun 2022.

"Kita sangat bersyukur atas capaian tersebut dan ini raihan pertamakali Pemerintah Daerah Kolaka Utara untuk program inovasi Si Laku O2T," kata Parinringi, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: DPRD Sulawasi Tenggara Tetapkan Dana Hibah Muna Barat Rp 15 Miliar

Kadis DPM-PTSP Sulawesi Tenggara itu berharap, penghargaan yang telah diraih Pemerintah Daerah Kolaka Utara melalui program inovasi Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara Offline, Online dan Terintegrasi (Si Laku O2T) yang digagas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dapat memotivasi OPD lain untuk senantiasa berinovasi dan melakukan terobosan-terobosan baru.

Pejabat Bupati Kolaka Utara bersama Kadis Dukcapil Kolaka Utara, Buhari usai menerima penghargaan  Top 45 inovasi pelayanan publik tahun 2022. Foto: Ist.

 

"Ini capaian luar biasa, tentu kita berharap capaian tersebut bisa memotivasi OPD lain untuk terus berinovasi dalam rangka memberikan pelayanan prima bagi masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu staf Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Kolaka Utara, Isya, yang turut serta dalam kegiatan bertajuk Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi menuturkan, penghargaan yang diraih Pemkab Kolaka Utara, yakni Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2022.

"Ini untuk Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan nama Inovasi Si Laku O2T," jelasnya.

Kata dia, penghargaan itu hanya diberikan kepada Kabupaten Kolaka Utara.

"Kalau di Sulawesi Tenggara hanya Kabupaten Kolaka Utara yang berhasil meraih penghargaan Top 45 ini," imbuhnya.

Sebelumnya, Kadis Dukcapil Kolaka Utara, Buhari menyampaikan, inovasi yang digagas Dukcapil Kolaka Utara berhasil masuk top 45 setelah mengikuti rangkaian lomba Kompetisi Pelayanan Publik (KIPP) yang digelar oleh Kemempan RB.

Untuk tembus ke top 45, instansinya harus bersaing ketat dengan 3.000 lebih peserta lainnya dengan melewati beberapa tahapan yakni tahap seleksi administrasi, tahap nominasi finalis 198, yang diseleksi lagi ke top 99, hingga akhirnya berhasil masuk dan meraih Top 45.

Atas capaian tersebut, Kadis Dukcapil Kolaka Utara bersyukur dan berterimakasih kepada Bupati Kolaka Utara yang senantiasa memberikan support.

"Alhamdulilah atas pencapaian penghargaan ini dan terimakasih kepada Bupati Kolaka Utara serta seluruh jajaran Dukcapil Kolaka Utara yang telah bekerjasama untuk mewujudkan pelayanan Si Laku 02T," tukasnya.

Diketahui, Inovasi Si Laku O2T ditopang oleh 9 sub inovasi, yakni, pertama, inovasi La Oftamu di kantor, yakni layanan offline tatap muka di Dukcapil.

Kedua, inovasi La Onduku di rumah, yakni layanan online Dukcapil Kolaka Utara yang dapat dilakukan di rumah, jadi cukup mengakses website Dukcapil.kabkolut.go.id.

Tiga, inovasi La Terintegrasi. Layanan terintegrasi 3 in 1, 5 in 1, artinya masyarakat yang mengurus satu dokumen bisa mendapatkan tiga atau lima dokumen sekaligus.

Empat, inovasi La Jebola ke Desa yaitu layanan Adminduk jemput bola ke desa yang sejak dua tahun terakhir sering dilakukan pihak Dukcapil Kolaka Utara dengan berkunjung dari desa ke desa.

Lima, inovasi La Jebola ke sekolah. Layanan jemput bola ke sekolah-sekolah, inovasi ini dilakukan Dukcapil dengan turun ke sekolah-sekolah melakukan perekaman KTP-EL pemula bagi kelas XII dan XI di tingkat SMA sederajat, dan bagi anak-anak yang belum wajib KTP-EL bisa juga melakukan pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA).

Baca Juga: Pemuda Muna Barat Tantang BPD Maperaha Evaluasi Kinerja Pemerintah Desa

Enam, La Jebola Khusus berupa layanan jemput bola khusus untuk warga yang rentan. Seperti, mereka yang usia lanjut, disabilitas, dan gangguan jiwa.

Tujuh, inovasi La Kurir Anda ke rumah, yaitu layanan kurir antar dokumen Adminduk ke rumah dengan gratis biaya ditanggung oleh Pemda setempat.

Delapan, inovasi La Cedoka di desa adalah layanan cetak dokumen Adminduk di kantor desa.

Sembilan, Inovasi  Layanan Kado 3 in 1 untuk ibu hamil dan anak dengan akronim La Katrine Bunda. (A-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

Baca Juga