Pemkab Kolut Pasang CCTV di Area Rawan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 10 Desember 2019
0 dilihat
Pemkab Kolut Pasang CCTV  di Area Rawan
Kabid Prasarana, Sarana, dan Utilitas DKPP Kolut, Muklis Bachtiar, saat menjelaskan kondisi arus lalulintas di depan Masjid Agun

" Walaupun sampai hari ini belum ada kejadian yang berkaitan dengan hukum, setidaknya kami sudah bisa melihat apa yang sedang terjadi di area tersebut. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melalui Bidang Prasarana, Sarana dan Utilitas (BPSU) memasang Closed Circuit Television (CCTV) di area yang dianggap rawan untuk memantau berfungsi tidaknya lampu jalan yang terpasang di jalan by pass Kota Lasusua.

Baca Juga: Korupsi DD Rp 68 Juta, Jaksa Tahan Mantan Kades Ghonsume

Selain itu, alat tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh pihak penegak hukum dan berbagai pihak yang membutuhkan datanya jika suatu saat ada sesuatu yang berkaitan dengan hukum.

Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Utilitas, DKPP Kolut, Muklis Bachtiar, S.IP.,MP menjelaskan pasangan CCTV bertujuan melindungi aset Pemda yang selama ini banyak hilang dicuri.

"Selama ini puluhan aki lampu jalan yang berada di by pass itu hilang dicuri dan sampai sekarang belum ketahuan siapa pelakunya sehingga dengan adanya alat tersebut semua bisa terpantau. Tidak hanya itu, keberadaan CCTV ini juga bisa dimanfaatkan pihak kepolisan, kejaksaan dan pihak lainnya yang membutuhkan datanya berkaitan dengan hukum," kata Muklis, Selasa (10/12/2019).

Sebelum pemasangan, lanjutnya, mereka terlebih dahulu berkomunikasi dengan Bupati, Kapolres, Kajari, dan Ketua DPRD Kolut untuk menentukan titiknya.

"Walaupun sampai hari ini belum ada kejadian yang berkaitan dengan hukum, setidaknya kami sudah bisa melihat apa yang sedang terjadi di area tersebut," jelasnya.

Kata Muklis, pemasangan CCTV tahun ini sebanyak dua unit dengan anggaran kurang lebih Rp 35 juta.

"Itu untuk dua CCTV dan semua perangkat dan programnya. Selama ini orang menggunakan CCTV dengan bentangan kabel, tapi kami nirkabel dengan menggunakan semacam stasiun (anten) yang mampu melempar sinyal sehingga bisa diakses Langsung di kantor Bupati dan Kantor DKPP," terangnya.

Baca Juga: Dirut RSUD Bahteramas: Penanganan Pasien Sudah Sesuai Prosedur

Dia berharap kedepannya  pemamfaatan teknologi CCTV lebih banyak dan berkembang mengingat alat tersebut memberikan banyak manfaat.

"Jadi untuk 2020 kami akan memasang 10 unit lagi yang letaknya itu berdasarkan masukan dari pihak kepolisian dan masyarakat yang dianggap rawan," pungkasnya.

Reporter: Muh. Risal
Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga