Pemkab Konawe Bakal Jadikan Linonggasay sebagai Desa Mandiri

Aris Syam, telisik indonesia
Kamis, 07 Juli 2022
0 dilihat
Pemkab Konawe Bakal Jadikan Linonggasay sebagai Desa Mandiri
Sekda Konawe Ferdinan Sapan memberikan sambutan kepada tim penilai Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (7/7/2022). Foto: Aris Syam/ Telisik

" Kabupaten (Pemkab) Konawe berencana menjadikan Desa Linonggasay, Kecamatan Wonggeduku Barat sebagai salah satu desa mandiri "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe berencana menjadikan Desa Linonggasay, Kecamatan Wonggeduku Barat sebagai salah satu desa mandiri.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinan Sapan saat menghadiri kunjungan tim penilai desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Tenggara bertempat di balai desa Linonggasay, Kamis (7/7/2022).

Ferdinan mengatakan, jika saat ini posisi Desa Linonggasay berada di kategori desa yang berkembang dan pihak Pemkab Konawe akan mendorong lagi menjadi desa yang maju.

"Dan kami berharap kedepannya kami dorong lagi menjadi desa yang mandiri," jelasnya.

Lebih lanjut, Kata Ferdinan, hal tersebut didasari mengingat perkembangan Desa Linonggasay saat ini kian berkembang, salah satunya hampir sebesar 30 persen kebutuhan sayur di Kota Kendari itu sumbernya dari desa Linonggasay. Dan begitu juga dengan produksi padinya.

"Bahkan ada transaksi sayur yang dikumpulkan orang-orang kita yang telah beredar di pasar Kota kendari maupun hotel dan perumahan sekitar 300 sampai 500 juta," Imbuhnya.

Baca Juga: Aplikasi Destinasi Wisata Buton Tengah Masuk Nominasi API Award

Olehnya itu, berdasarkan potensi dan sumber daya yang dimiliki Desa Linonggasay tersebut, maka sudah bisa dikategorikan untuk menjadi sala satu desa mandiri.

"Karena bisa dibilang pembangunan infrastruktur untuk Desa Linonggasay itu sudah mampu membiayai dirinya sendiri, berdasarkan potensi yang mereka miliki," jelas Jendral ASN itu.

Menangapi hal tersebut, Ketua tim penilai tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Laode Paliawaludin mengungkapkan, jika berdasarkan data yang dimiliki, memang benar desa mandiri di Sulawesi Tenggara sala satunya ada di Konawe.

Baca Juga: Pemkab Konawe Sambut Tim Penilai Desa dan Kelurahan di Desa Linonggasay

"Alhamdulillah dan semoga di tahun-tahun berikutnya akan semakin bertambah desa mandiri yang ada di Konawe," pungkasnya. (B-Adv).

Penulis: Aris Syam

Editor: Musdar

Baca Juga