Pemkab Muna Barat Raih Paritrana Award 2024 Lewat Program BPJS Ketenagakerjaan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 12 September 2024
0 dilihat
Pemkab Muna Barat Raih Paritrana Award 2024 Lewat Program BPJS Ketenagakerjaan
Kabupaten Muna Barat Berhasil meraih Paritrana Award Zona Sulawesi. Foto: Ist

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat diganjar penghargaan Paritrana Award tahun 2024 untuk zona Sulawesi, setelah memenuhi kepesertaan Jaminan Ketenagakerjaan hingga mencapai 100 persen "

MUNA BARAT, TELISIK.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat diganjar penghargaan Paritrana Award tahun 2024 untuk zona Sulawesi, setelah memenuhi kepesertaan Jaminan Ketenagakerjaan hingga mencapai 100 persen.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, kepada Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, di Gedung Plaza Bpjamsostek, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Hadir saat penyerahan penghargaan ini adalah Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Ma’rug mengatakan, Paritrana Award merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas komitmen dan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan tenaga kerja melalui program BPJS Ketenagakerjaan.

Kabupaten Muna Barat dinilai telah sukses dalam mengimplementasikan program tersebut, sehingga dinilai layak meraih Paritrana Award.

“Program perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sebagai salah satu wujud nyata kehadiran negara dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi pekerja serta keluarganya,” kata Ma’ruf.

Baca Juga: KPU Muna Barat Target Partisipasi Pemilih 90 Persen di Pilkada 2024

Program ini juga merupakan upaya menuju Indonesia Emas 2045, di mana salah satu pilar pembangunan yang hendak dicapai adalah pembangunan manusia melalui reformasi ketenagakerjaan.

Di tahun 2024, kata Ma’ruf, jumlah penduduk yang bekerja telah mencapai 142 juta orang, dan pemerintah terus berupaya meningkatkan universal coverage Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Saya berharap pada tahun 2045 nanti, 99,5 persen pekerja di Indonesia telah dapat terlindungi seluruhnya,” harap Ma'ruf.

Ma’ruf menegaskan bahwa penting juga perlindungan sosial bagi pekerja rentan seperti petani, nelayan, marbot, pedagang kaki lima, dan petugas keagamaan.

“Peran aktif pemerintah daerah hingga ke tingkat pemerintahan terkecil seperti desa dan kelurahan sangat penting untuk memastikan setiap pekerja menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ma’ruf.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, mengatakan Kabupaten Muna Barat saat ini kepesertaan telah mencapai 100 persen setelah mendaftarkan seluruh anggota Korpri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pemkab Muna Barat, kata Butolo, tidak hanya memberikan perlindungan tetapi turut memberikan kepastian dan dukungan bagi setiap pekerja dan keluarganya. Bagi pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, pemerintah menjamin pengobatan gratis.

“Jika terjadi kematian akibat kecelakaan kerja, keluarga berhak menerima santunan sebesar Rp 42.000.000,” ujar Butolo.

Penghargaan Paritrana Award ini tidak hanya diberikan kepada Kabupaten Muna Barat, tapi juga kepada beberapa daerah dan entitas lainnya yang telah menunjukkan dedikasi serupa dalam kategori yang berbeda.

Baca Juga: OPD Muna Barat Diminta Percepat Penyusunan Rancangan APBD Perubahan

Penghargaan yang sama diberikan kepada Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah untuk kategori pemerintah provinsi.

Sementara itu, untuk kategori pemerintah kabupaten/kota, selain Muna Barat, penghargaan juga diberikan kepada Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Raja Ampat, dan Kabupaten Mimika.

Dalam kategori Badan Usaha, penghargaan diberikan kepada PT Bank NTB Syariah untuk sektor keuangan, RS Awal Bros Pekanbaru dalam sektor perdagangan dan jasa, serta PT Pupuk Indonesia (Persero) dalam sektor perkebunan dan pertanian.

Adapun untuk kategori Desa/Kelurahan, Desa Tincep di Sulawesi Utara, Desa Perlang di Kepulauan Bangka Belitung, dan Desa Arjasari di Jawa Barat berhasil meraih penghargaan.

Usaha kecil mikro juga mendapat sorotan khusus dengan penghargaan untuk Toko Kue Tulip Brownies dari Jawa Tengah, Toko Kripik Balado Christine Hakim dari Sumatera Barat, dan Warung Makan Yongkee Istimewa Soup Seafood dari Kepulauan Riau. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga