Pemkab Muna Siapkan Rp 1 Miliar Benahi Gedung Pasar Laino

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 12 Juni 2021
0 dilihat
Pemkab Muna Siapkan Rp 1 Miliar Benahi Gedung Pasar Laino
Kadis Perdagin Muna, La Ode Darmansyah (kiri). Foto: Sunaryo/Telisik

" Gedung Pasar Sentral Laino, Kabupaten Muna, terlihat kumuh. Cat yang telah memudar ditambah kebocoran atap membuat kesan pasar kabupaten itu seolah tak terurus. "

MUNA, TELISIK.ID - Gedung Pasar Sentral Laino, Kabupaten Muna, terlihat kumuh. Cat yang telah memudar ditambah kebocoran atap membuat kesan pasar kabupaten itu seolah tak terurus.

Untuk membenahi pasar itu, tahun ini Pemkab Muna melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdagin) mengalokasi anggaran kurang lebih Rp 1 miliar untuk pembenahan gedung berdesain dua lantai itu.

"Ada anggaranya Rp 1 miliar di APBD," aku La Ode Darmansyah, Kadis Perdagin Muna, Sabtu (12/6/2021).

Baca juga: Habiskan Anggaran Rp 400 Juta, Stadion Mini Desa Robek di Manggarai Jorok Tak Terawat

Baca juga: Tunggak Pembayaran, Meteran Air 11 OPD Muna Diputus

Anggaran yang ada itu akan digunakan untuk pengecetan gedung dan perbaikan kebocoran atap pasar yang selama ini dikeluhkan para pedagang.

"Insya Allah dalam waktu dekat akan dikerjakan," katanya.

Selain Pasar Laino, tahun ini juga ada anggaran sebesar Rp 4,4 miliar untuk pembangunan dan rehabilitasi pasar kecamatan. Antara lain, rehabilitasi Pasar Tongkuno sebesar Rp 550 juta, pembangunan lapak ikan di Pasar Liangkabori, Wali, Bangkali masing-masing Rp 200 juta, pembangunan pagar dan rehabilitasi Pasar Dana Rp 500 juta, Pasar Wambona Rp 200 juta, pembangunan lapak di Wamponiki Rp 500 juta dan pelataran Pasar Tampo Rp 200 juta.

"Jadi total pembangunan dan rehab pasar tahun ini di APBD sebesar Rp 5,4 miliar," tukasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga